Selasa, 21 Agustus 2018

Kunjungi Bandara Juanda, Bandara Kertajati Belajar Pengelolaan Kargo

SURABAYA – Sebagai salah satu pelabuhan udara terbesar di Tanah Air, Bandara Internasional Juanda sering dijadikan rujukan bandara-bandara lain terkait dengan pengelolaan aktivitas penerbangan hingga layanan kargo. Paling baru, manajemen Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati beberapa waktu lalu melakukan kunjungan ke bandara ini untuk mempelajari pengelolaan kargo.

Dilansir dari situs resmi PT Angkasa Pura I Bandara Juanda, dalam kunjungannya pada tanggal 13 Agustus 2018 lalu, rombongan tim Bandara Kertajati dipimpin oleh Agus Sugeng Widodo selaku Direktur Operasi & Pengembangan Business. Kunjungan kali ini terkait dengan rencana Bandara Kertajati untuk mengembangkan terminal kargo di pelabuhan udara anyar tersebut.

“Terima kasih atas penerimaan yang baik oleh management Bandara Internasional Juanda dan diharapkan dengan pertemuan ini, kami dapat mengerti terkait pengelolaan terminal kargo di Bandara Juanda,” kata Agus. “Rencana kami adalah untuk mengembangkan terminal kargo baru di Bandara Kertajati. Dengan kunjungan ini, kami dapat mengetahui proses bisnis dari pengelolaan terminal kargo.”

Dalam pertemuan yang berlangsung sehari itu, dibahas mengenai beberapa hal terkait manajemen kargo, fasilitas kargo, serta biaya yang timbul dan komersialisasi kargo. Sehari setelahnya, manajemen Bandara Kertajati berkesempatan melakukan visit ke terminal kargo untuk melihat secara langsung pengelolaan terminal kargo di Bandara Juanda.

Sebagai bandara yang tergolong anyar, aktivitas di Bandara Kertajati memang masih minim. Bandara ini baru membuka beberapa penerbangan, salah satunya ke Surabaya. Penerbangan ini telah dilayani oleh maskapai Citilink Indonesia, yang beroperasi mulai tanggal 1 Juli 2018 kemarin. Dioperasikan satu kali setiap hari, harga tiket pesawat rute ini berkisar Rp440 ribuan per seat.

Selain Citilink, maskapai Lion Air juga dikabarkan bakal membuka rute langsung dari Bandara Kertajati menuju Bandara Juanda. Rute penerbangan Kertajati-Surabaya direncanakan akan beroperasi pada pukul 11.50 WIB setiap hari, sedangkan rute sebaliknya bertolak pada pukul 13.50 WIB setiap hari. Menurut berita, rute tersebut akan mulai dioperasikan pada bulan Agustus 2018 ini.