Rabu, 01 Agustus 2018

Jumlah Penumpang Hanya 6 Orang, Penerbangan Pagi Surabaya-Sumenep Dibatalkan

Sumenep – Penerbangan Wings Air rute Sumenep-Surabaya dan sebaliknya terpaksa dibatalkan pada hari Selasa (31/7) kemarin. Alasannya ternyata karena jumlah penumpang untuk rute Sumenep-Surabaya pada Selasa kemarin cukup minim. Alhasil sejumlah penumpang pun kecewa.

“Wings Air meng-cancel penerbangan pagi hari ini, karena penumpangnya sangat minim,” ujar Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Indra Triyantono, Selasa (31/7), seperti dilansir BeritaJatim.

Maskapai penerbangan yang berada di bawah manajemen Lion Air Group ini mulai melayani rute Surabaya-Sumenep dan sebaliknya melalui Bandara Internasional Juanda-Bandara Trunojoyo mulai tanggal 8 Juli 2018 lalu. Rute tersebut dilayani sebanyak 2 kali sehari dengan jadwal dari Surabaya ke Sumenep pada jam 06.30 WIB dan pukul 12.45 WIB. Sementara itu dari Sumenep ke Bandara Juanda terbang pada pukul 07.30 WIB dan jam 13.45 WIB.

Waktu atau durasi tempuh untuk penerbangan rute Surabaya-Sumenep dan sebaliknya sekitar 40 menit. “Penumpang dari Surabaya - Sumenep pagi ini hanya 6 orang. Karena itulah penerbangan pagi di-cancel, disatukan ke siang hari,” beber Indra.

Wings Air melayani penerbangan pagi hari dari Surabaya-Sumenep dan sebaliknya sebanyak 3 kali seminggu dengan jadwal setiap hari Selasa, Sabtu, dan Minggu. “Jumlah penumpang untuk penerbangan pagi hari tidak seramai penerbangan siang. Kalau pagi hari dari Surabaya-Sumenep sekitar 10-15 orang. Sedangkan dari Sumenep-Surabaya sekitar 25-30 orang,” ungkap Indra.

Penerbangan pagi itu memakai pesawat Wings Air rute Surabaya-Labuan Bajo pada pukul 08.30. “Berbeda kondisinya dengan Sumenep. Kalau penumpang pesawat dari Surabaya-Labuan Bajo ini selalu full karena merupakan tujuan wisata,” tuturnya.

Padahal sejak beroperasi menjadi 2 kali penerbangan pada Juli 2018 lalu penumpang Wings Air pada rute Surabaya-Sumenep sebenarnya hampir selalu terisi penuh. Sebelumnya Wings Air yang beroperasi sejak 2017 hanya melayani 1 kali penerbangan setiap hari pada pukul 12.15 WIB dari Bandara Juanda dan pukul 13.45 dari Bandara Trunojoyo ke Surabaya. Kemudian pada Juli 2018 dibuka slot penerbangan pukul 06.30 WIB untuk rute Surabaya-Sumenep dan dari Sumenep-Surabaya jam 07.30 WIB.