Rabu, 29 Agustus 2018

Bukan Lagi di Bandara Juanda, Pemeriksaan Keimigrasian Jemaah Haji Dilakukan di Asrama Sukolilo

Surabaya – Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya menyiapkan tim khusus untuk melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen keimigrasian terhadap para jemaah haji yang hendak mendarat di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur.

Menurut Ragil Putra Dewa selaku Kasi Informasi Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya, pemeriksaan dokumen keimigrasian para jemaah haji nantinya bukan dilakukan di bandara atau pesawat. “Kami sudah bentuk tim khusus untuk pemberangkatan dan pemulangan jemaah yang beribadah haji,” jelas Ragil, Minggu (26/8), seperti dilansir Tribunnews.

Tim imigrasi khusus tersebut nantinya akan ditugaskan untuk memeriksa dokumen keimigrasian para jemaah di Asrama Haji Sukolilo Surabaya (AHES). “Nanti setelah jemaah haji tiba, mereka akan naik bus dan dibawa ke AHES. Selanjutnya di AHES akan diperiksa paspornya,” papar Ragil. Dengan adanya layanan khusus tersebut, para jemaah tak perlu lagi menjalani pemeriksaan keimigrasian di Bandara Juanda.

Menurut Ragil, pemeriksaan dokumen keimigrasian di Asrama Haji Sukolilo justru akan menghemat waktu dan fisik, bukan hanya untuk para jemaah haji yang sekitar 60% berasal dari kalangan lansia, tetapi juga efektif dan efisien untuk para petugas Imigrasi. “Pemeriksaan (keimigrasian) kalau di pesawat dan bus akan memakan waktu dan bea banyak. Tak hanya itu, tenaga petugas juga butuh banyak,” ungkap Ragil.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya pun mengapresiasi kemudahan yang diberikan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya dan menyediakan ruangan khusus untuk pemeriksaan dokumen keimigrasian. “Ada di gedung khusus di lantai dua AHES. Petugas akan diterjunkan pada waktu sesuai jadwal pemulangan haji,” ucap Ragil.

Sementara itu, jemaah haji kelompok terbang (kloter) 1 Debarkasi Surabaya asal Kabupaten Situbondo, Jawa Timur telah mendarat di Indonesia sejak Selasa (28/8) dini hari. Sejumlah 450 orang jemaah haji itu diterbangkan ke Bandara Juanda dengan pesawat Saudi Arabian Airlines bernomor penerbangan SV 5110 pada pukul 01.00 WIB.

Di Asrama Haji Sukolilo Surabaya para jemaah haji menjalani proses keimigrasian yang memakan waktu sekitar 1 jam, baru kemudian dipulangkan ke daerah asalnya. Setiap jamaah memperoleh jatah air zam-zam masing-masing sebanyak 5 liter yang telah dikemas dan disiapkan oleh petugas PPIH Debarkasi Surabaya.