Sabtu, 21 Juli 2018

Proses Lebih Cepat, Pemeriksaan Calon Jemaah Haji Dilakukan Sejak di Asrama

Surabaya – Calon jemaah haji kloter pertama dari embarkasi Surabaya telah diberangkatkan dari Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur sejak Selasa (17/7) lalu. Terdapat sekitar 1.345 calon jemaah haji yang diterbangkan ke Tanah Suci.

Demi mendukung kelancaran pelayanan terhadap para jemaah haji, Bandara Juanda juga menyediakan berbagai fasilitas, salah satunya fasilitas screening untuk pemeriksaan keamanan bagi calon jemaah haji dan barang bawaannya di Asrama Haji Sukolilo.

“Kami akan menempatkan petugas dan alat-alat pemeriksaan keamanan di asrama haji, juga sejumlah 2 mesin X-Ray dan 2 walkthrough metal detector akan dioperasikan di sana sehingga diharapkan calon jemaah haji yang memasuki bandara sudah steril karena telah melewati screening sehingga dapat langsung masuk ke pesawat,” ungkap Heru Prasetyo selaku General Manager Bandara Internasional Juanda, Selasa (17/7), seperti dilansir Detik.

Tak cukup sampai di situ, pihak PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Juanda juga menyediakan fasilitas tambahan berupa musala dan toilet portabel. “Musala dan toilet portable ini akan disiapkan di sebelah timur area GSE, di lokasi bus sebelum calon jemaah naik ke pesawat,” tutur Heru.

Demi mendukung kelancaran penerbangan haji, Bandara Internasional Juanda juga akan beroperasi 24 jam penuh untuk melayani kedatangan dan keberangkatan jemaah haji selama musim pelaksanaan haji 2018. Pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini terdapat 83 kloter haji dengan jumlah jemaah mencapai 37.055 yang dibagi menjadi 2 periode. Periode pertama untuk embarkasi diberangkatkan sejak 17 Juli 2018 hingga 14 Agustus 2018 yang terdiri dari kloter 1-37 ke Madinah dan kloter berikutnya, yaitu 38-83 ke Jeddah.

Sementara itu, untuk periode kedua (debarkasi) akan dipulangkan sejak tanggal 27 Agustus 2018 hingga 25 September 2018 yang terdiri dari kloter 1-35 dari Jeddah dan kloter 36-83 dari Madinah. Dari 1.345 orang yang berangkat tanggal (17/7) lalu, kloter pertama embarkasi Surabaya sendiri berjumlah 1.345 orang yang berasal dari Situbondo 450 orang, kloter 2 dari Bondowoso 450 orang, dan kloter 3 gabungan dari Banyuwangi, Bondowoso, dan Situbondo 445 orang. “Kami ucapkan selamat menjalankan ibadah haji bagi para calon jamaah haji, semoga diberikan kelancaran dalam menjalankan setiap tahapan ibadah serta menjadi haji yang mabrur,” pungkas Heru.