Kamis, 19 Juli 2018

Kabar Pesawat Citilink Rute Semarang-Surabaya Hilang Kontak Ternyata Hoaks

Jakarta – Pesawat Citilink rute penerbangan Semarang-Surabaya belum lama ini dikabarkan hilang kontak. Pada Rabu (18/7) kemarin pesawat terbang Citilink bernomor penerbangan QG 801 kabarnya terdeteksi ‘hilang dari radar’, namun pihak AirNav Indonesia dan maskapai Citilink membantah kabar tersebut.

“Dapat kami sampaikan bahwa informasi itu tidak akurat,” ujar Wakil Presiden Sekretaris Perusahaan dan CSR Citilink, Ranty Rachman di Medan, Rabu (18/7), seperti dilansir Antara. Lebih lanjut Ranty memaparkan jika berdasarkan pemantauan manajemen dan hasil koordinasi di lapangan, penerbangan tersebut berlangsung secara normal dan pesawat berhasil mendarat dengan selamat di Bandara Internasional Juanda, Surabaya.

Ditemui secara terpisah, Humas AirNav Indonesia, Yohanes Sirait juga membantah kabar seputar hilangnya pesawat Citilink. Yohanes mengungkapkan jika pesawat Citilink QG 801 justru melaporkan sinyal emergency (darurat) yang ditangkap di frekuensi 121.5 Mhz hingga melebihi ketinggian 8.000 ft ke AirNav Indonesia di Semarang.

“Jadi bukan pesawat tersebut yang mengalami emergency, tetapi pesawat menerima sinyal emergency. Sesuai dengan prosedur, penerbang kemudian melaporkan kepada AirNav Indonesia. Pada kesempatan pertama, kami kemudian melaporkan kepada personel SAR Semarang perihal tersebut,” beber Yohanes.

Kemudian sinyal darurat tersebut dilaporkan hilang usai pesawat Citilink terbang pada ketinggian lebih dari 10.000 ft. “Pada pukul 11.18 WIB Laporan Pilot Citilink 801 setelah passing 10000 ft sudah tidak mendeteksi signal tersebut,” kata Yohanes.

Sebelumnya dilaporkan beredar obrolan di suatu WhatsApp Group yang menyebutkan jika pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG 801 rute Semarang-Surabaya ‘hilang radar’. Istilah ‘hilang radar’ sendiri bukan istilah baku dan resmi dalam dunia penerbangan yang mengacu pada banyak regulasi dalam negeri dan internasional.

“Manajemen Citilink Indonesia memastikan keselamatan dan keamanan setiap penerbangan, dan hingga hari ini semua penerbangan berjalan secara normal,” ujar Ranty. Berdasarkan hasil pemantauan di lapangan, pesawat Citilink berangkat dari Semarang pukul 11.12 WIB kemudian tiba di Surabaya dengan selamat pada jam 11.46 WIB.