Senin, 16 Juli 2018

Haji 2018, Bandara Juanda Siapkan Belasan Toilet Portable

SURABAYA – PT Angkasa Pura I akan menyiapkan banyak toilet portable di Bandara Internasional Juanda saat dimulainya penerbangan calon jamaah haji embarkasi Surabaya pada Selasa (17/7) besok. Fasilitas buang hajat mendesak ini diperlukan karena jamaah tidak akan menikmati fasilitas toilet di terminal bandara yang berlokasi di Kabupaten Sidoarjo tersebut.



“Kami sudah menyiapkan toilet portable untuk calon jamaah haji. Jumlahnya bisa belasan toilet portable. Bahkan, tidak hanya toilet, musala portable juga akan kami sediakan,” kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Juanda, Yuristo Ardi Hanggoro, dilansir Surya. “Kami sudah siapkan toilet itu jika ada calon jamaah yang hendak buang air. Sebab, jamaah berangkat tidak melalui terminal bandara sehingga tidak ada toilet.”

Tidak seperti penumpang umum, calon jamaah akan diangkut rombongan bus dari Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. Biasanya, tiga jam menjelang jadwal take off, jamaah sudah harus siap-siap untuk langsung diangkut rombongan bus. Setiap jamaah sebanyak 83 kloter ini langsung dibawa ke apron. Calon jamaah yang berjumlah total 37.055 orang akan turun dari bus dan langsung naik menuju tangga pesawat.

Seperti diketahui, kloter pertama calon jamaah haji dari embarkasi Surabaya akan berangkat pada Selasa besok melalui Bandara Internasional Juanda. Sementara, untuk keberangkatan terakhir embarkasi Surabaya, dijadwalkan terbang ke Tanah Suci Mekah pada tanggal 15 Agustus 2018 mendatang. Untuk kedatangan, dijadwalkan pada tanggal 26 Agustus 2018 sampai 25 September 2018.

Sebelumnya, pada tahun 2017 lalu, pihak PT Angkasa Pura I juga menyiapkan belasan unit toilet portable di Bandara Juanda untuk menyambut para calon jamaah haji embarkasi Surabaya. Toilet-toilet tersebut diletakkan di airside Bandara Juanda, tidak jauh dari lokasi parkir bus. Selain toilet portable, pengelola bandara juga menyiapkan musala khusus untuk jamaah.