Sabtu, 28 Juli 2018

Berlangsung Lancar, Bandara Juanda Capai OTP Penerbangan Haji 73,3%

Sidoarjo – Pelaksanaan penerbangan haji dari embarkasi Bandara Juanda sampai kloter 30 pada Jumat (27/7) berlangsung aman dan lancar. Seluruh jemaah haji disebut-sebut dapat terlayani dengan baik oleh para petugas di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur.

Data Bandara Juanda menyebutkan bahwa tingkat ketepatan waktu penerbangan haji di Bandara Juanda cukup baik. “On time performace (OTP) 73,3% kurang dari 30 menit. Sedang OTP antara 31-60 menit 23,3% dan OTP antara 61-120 menit 3,3%,” ujar Airport Operation & Services Department Head Bandara Internasional Juanda Surabaya Budi Santoso di Sidoarjo, Jumat (27/7), seperti dilansir BisnisJakarta.

Lebih lanjut Budi memaparkan bahwa secara umum pelayanan penerbangan haji di Bandara Juanda tergolong baik dengan OTP atau tingkat ketepatan waktu yang berada dalam batas aman terkendali, bahkan kabarnya cukup bagus jika dibandingkan dengan tahun lalu. Pada pelaksanaan penerbangan haji tahun ini, manajemen PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Juanda pun beroperasi selama 24 jam. “Khusus untuk penerbangan haji di Bandara Juanda beroperasi tiga shift. Rata-rata tiga flight per hari dengan ribuan jamaah dari berbagai daerah di Jaw Timur,” jelas Budi.

Sementara itu untuk penerbangan haji dari embarkasi Surabaya tahun ini seluruhnya dilayani oleh maskapai Saudi Arabia Airlines. Jadwal penerbangan haji dari Bandara Juanda berkisar mulai pukul 03.00 WIB hingga jam 23.00 WIB. Demi mendukung kelancaran penerbangan haji, PT AP I Cabang Juanda juga mengoperasikan sejumlah peralatan dan SDM profesional di bidangnya, mulai dari staf, AMC, hingga personel Aviation Security (Avsec).

Sejak awal pelaksanaan penerbangan haji, Bandara Juanda juga menyediakan sejumlah fasilitas tambahan untuk menunjang kenyamanan para calon jemaah haji. “Fasilitas tambahan yakni toilet dan mushola portable agar memudahkan calon jamaah haji, musholla dan toilet portable ini akan disiapkan di sebelah timur area GSE di lokasi bus sebelum calon jamaah naik ke pesawat,” beber Heru Prasetyo selaku General Manager Bandara Internasional Juanda.

Screening pemeriksaan keamanan bagi calon jemaah haji dan barang bawaannya pun dilakukan sejak berada di Asrama Haji Sukolilo. “Kami akan menempatkan petugas dan alat-alat pemeriksaan keamanan di asrama haji, sejumlah 2 mesin X-Ray dan 2 walkthrough metal detector akan dioperasikan disana sehingga diharapkan calon jamaah haji yang memasuki bandara sudah steril karena telah melewati screening sehingga dapat langsung masuk ke pesawat,” tandas Heru.