Kamis, 28 Juni 2018

Saat Pilgub 2018 Kemarin Ternyata Tak Ada TPS Khusus di Bandara Juanda, Ini Alasannya

Surabaya – Pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 yang berlangsung Rabu (27/6) kemarin, rupanya Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak menyediakan tempat pemungutan suara (TPS) khusus di kawasan Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jatim.

Menurut Yuristo Ardi, Humas PT Angkasa Pura (AP) I cabang Bandara Juanda Surabaya, pihaknya sebenarnya telah melakukan koordinasi dengan pihak KPU. “Jika memang ada TPS khusus maka akan kami siapkan. Ternyata nggak ada TPS khusus untuk Pilgub ini,” papar Yuristo, seperti dilansir Tribunnews

Berdasarkan data yang diungkapkan oleh Yuristo, rupanya pengadaan TPS secara khusus di bandara hanya berlaku pada momen Pilpres saja. “KPU bilang kalau gak Pilpres, gak akan ada TPS khusus,” ujar Yuristo.

Seperti diketahui, pada Pilpres tahun 2014 lalu KPU Jawa Timur menyediakan fasilitas TPS khusus yang juga didampingi oleh petugas PPS, saksi, dan petugas PT Angkasa Pura (AP) I di Bandara Internasional Juanda. Disediakannya TPS khusus itu dilakukan agar memudahkan warga yang sedang berada dalam perjalanan untuk menggunakan hak suaranya cukup dengan menggunakan E-KTP.

Sementara itu, untuk mengakhiri masa angkutan mudik dan balik Lebaran, PT AP I Cabang Juanda telah menutup Posko Angkutan Lebaran Tahun 2018 di Bandara Juanda pada Senin (25/6) lalu. Penutupan posko ini bertepatan dengan berakhirnya masa pelaksanaan posko yang jatuh pada Minggu (24/6).

Dalam penutupan posko tersebut, petugas gabungan dari TNI, Polri, Basarnas Surabaya, Otoritas Wilayah III, Airnav Surabaya, dan petugas PT Angkasa Pura I mengadakan acara apel penutupan bersama di Terminal 1 Bandara Juanda. “Posko sudah ditutup dan pelayanan kembali normal tanpa ada pelayanan posko,” kata Yudi Maisa, Co General Manager PT Angkasa Pura 1 (Persero) Bandara Internasional Juanda.

Posko Angkutan Lebaran Tahun 2018 di Bandara Juanda tersebut beroperasi selama 18 hari sejak tanggal 7-24 Juni 2018. Selama pelaksanaannya, pelayanan posko berlangsung lancar dan tak ditemukan kendala yang berarti, baik dari sisi pelayanan pada para pengguna jasa maupun fasilitas bandara secara keseluruhan.