Selasa, 12 Juni 2018

Lebaran 2018, Harga Tiket Pesawat Jember-Surabaya Tidak Naik

JEMBER – Umumnya, maskapai penerbangan akan menaikkan harga tiket pesawat hingga berkali-kali lipat di momen mudik dan balik Lebaran, karena tingginya permintaan dari masyarakat. Namun, untuk rute penerbangan Jember-Surabaya, yang menghubungkan Bandara Notohadinegoro dengan Bandara Internasional Juanda, tidak ada kenaikan harga tiket alias masih normal dalam momen Lebaran 2018.

“Untuk kenaikan (harga tiket), tidak ada. Harga terendah dari kami tetap ada di angka Rp315 ribu per seat, sedangkan untuk batas atas, kami tetap mematuhi aturan di angka Rp602 ribu per seat,” jelas Kepala Perwakilan Garuda Indonesia cabang Jember, Heru Joko Satria, dilansir Detik. “Kami selama ini tidak ada perubahan, demikian juga saat Lebaran saat ini.”

Joko menambahkan, jika masyarakat tidak percaya, bisa langsung mengecek di penjualan tiket Garuda Indonesia, utamanya yang dijual secara online selama musim mudik Lebaran 2018. Masyarakat bisa melihat secara langsung bahwa Garuda Indonesia tidak menaikkan tarif di atas ambang batas yang telah ditentukan. “Semua ini dapat dilihat secara auto-pricing. Kami tidak ada permainan harga sama sekali,” tandas Joko.

Senada, Kepala Wings Air cabang Jember, Fiki Mauwidah Faid, menuturkan bahwa pihaknya juga tidak menaikkan tiket pesawat untuk rute Jember-Surabaya. Untuk harga terendah, masih berada di kisaran Rp381 ribu per penumpang, sedangkan harga tertinggi berada di kisaran Rp580 ribu per penumpang. “Tidak ada kenaikan harga tiket,” kata Fiki, singkat.

Sementara itu, berdasarkan tinjauan di lapangan, Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo, mengatakan bahwa harga tiket pesawat masih normal dan di ambang batas kewajaran sesuai yang ditentukan oleh Kementerian Perhubungan. Harga tiket pesawat Garuda Indonesia Jember-Surabaya tertinggi sebesar Rp602 ribu, sedangkan harga tiket pesawat Wings Air termahal sebesar Rp515 ribu.

“Kenaikan harga tiket pesawat menjelang Lebaran yang tidak wajar bisa menyebabkan masyarakat yang akan mudik menjadi resah, sehingga kami melakukan pengecekan untuk memantau harga tiket Jember-Surabaya,” katanya seperti dilansir Antara. “Alhamdulillah, harga tiket masih normal dan masih di ambang batas kewajaran.”