Senin, 11 Juni 2018

Lagi, Bandara Juanda Paling Tepat Waktu di Kawasan Asia Tenggara

SURABAYA – Bandara Internasional Juanda sekali lagi mencatatkan prestasi di level internasional. Paling baru, pelabuhan udara yang secara administratif berlokasi di Kabupaten Sidoarjo tersebut ditetapkan sebagai bandara paling tepat waktu se-Asia Tenggara sepanjang Mei 2018, di kategori lalu lintas di atas 3.000 penerbangan selama satu bulan, sekaligus mempertahankan prestasi yang diraih pada bulan sebelumnya.



“Penilaian tersebut berdasarkan hasil riset independen yang dilakukan oleh lembaga analis perjalanan udara terkemuka asal Inggris, OAG, melalui laporan OAG Flightview Monthly OTP (on-time performance) Report Mei 2018,” ujar Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura I, Israwadi, seperti dilansir Berita Satu. “Bandara Juanda tercatat sebagai bandara paling tepat waktu di Asia Tenggara dengan tingkat OTP 94,8 persen.”

Ia menambahkan, tingkat OTP Bandara Juanda ini jauh lebih tinggi dibandingkan tingkat OTP Bandara Internasional Changi di Singapura, yaitu 87,6 persen, yang menduduki posisi keempat di Asia Tenggara. Sebelumnya, di bulan April 2018, tingkat OTP Bandara Juanda sebesar 95,5 persen. “Posisi ketiga ada Bandara Chiangmai, Thailand dengan OTP 90 persen, disusul Bandara Yangon di Myanmar dengan OTP sebesar 88,3 persen,” sambung Israwadi.

OTP sendiri merupakan salah satu tolok ukur layanan terpenting di industri penerbangan secara global. Sebagai informasi, peringkat OTP oleh OAG selama bulan Mei 2018 kemarin diolah berdasarkan data OAG Flightview yang mencatat data penerbangan selama satu bulan untuk menunjukkan kinerja ketepatan waktu bandara terbaik.

Sebelumnya, pada bulan April 2018, Bandara Juanda juga ditetapkan sebagai bandara paling tepat waktu se-kawasan ASEAN. Secara global, Bandara Juanda termasuk dalam peringkat Top 100 Global Airport Performance OTP dengan menduduki peringkat ke-29 di bulan April 2018. Tahun lalu, OAG juga sempat menobatkan Bandara Juanda sebagai bandara paling tepat waktu di dunia tahun 2016 dengan tingkat OTP sebesar 90,3 persen.