Jumat, 22 Juni 2018

Keren, Juanda Kembali Dinobatkan Sebagai Bandara Paling Tepat Waktu

Jakarta – Bandara Internasional Juanda Surabaya kembali mencatatkan prestasi yang membanggakan di mata dunia. Bandara yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini kembali menyabet gelar sebagai bandara paling tepat waktu se-Asia Tenggara menurut lembaga analis perjalanan udara dunia.

Berdasarkan survei independen yang dilakukan oleh perusahaan OAG yang berbasis di Inggris dan diterbitkan dalam laporan OTR Ozon Flightview OPP April dan Mei 2018, Bandara Internasional Juanda mencatatkan prestasi sebagai bandara paling tepat waktu di Asia Tenggara selama 2 bulan berturut-turut, yakni April dan Mei 2018.

Dari penelitian OAG tersebut didapatkan hasil bahwa Bandara Juanda telah melayani lebih dari 3.000 penerbangan dalam sebulan, melampaui Changi Airport Singapura. Pada bulan April 2018 lalu catatan ketepatan waktu atau On Time Performance (OTP) Bandara Juanda ada di angka 95,5%, lebih tinggi dari Bandara Internasional Changi Singapura yang hanya 87,1%.

Prestasi ketepatan waktu tersebut juga diikuti oleh Bandara Supadio di Pontianak yang meraih posisi ke-2 dengan persentase OTP sebesar 90,2%. Sedangkan di posisi ke-3 ada Samui Airport Thailand dengan persentase sebesar 80,9%.

Kemudian pada bulan Mei 2018, bandara yang berada di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura (AP) I ini mencatatkan kenaikan ketepatan waktu (OTP) menjadi 94,8%. Kinerja ketepatan waktu tersebut mengacu pada catatan kedatangan dan keberangkatan, dalam batas waktu 15 menit dari waktu yang dijadwalkan.

“Kinerja tepat waktu adalah salah satu tolok ukur terpenting dalam industri penerbangan global. Pengakuan internasional ini dicapai dengan dukungan dari setiap pemangku kepentingan, seperti maskapai penerbangan, AirNav Indonesia, Angkatan Laut Indonesia, penyedia layanan ground handling dan penumpang,” ujar Faik Fahmi, Direktur PT Angkasa Pura 1 (Persero), seperti dilansir Kompas.

Lebih lanjut Faik menjelaskan bahwa hasil riset bulanan OAG ini sekaligus melengkapi deretan prestasi yang pernah diraih oleh Bandara Juanda sebelumnya. Tahun lalu kabarnya berdasarkan riset yang dilakukan oleh lembaga sama, Bandara Juanda dinobatkan sebagai bandara paling tepat waktu di dunia dengan persentase OTP mencapai angka 90,3%.