Jumat, 29 Juni 2018

Gunung Agung Kembali Erupsi, Penerbangan dari Surabaya ke Bali Batal

Denpasar – Maskapai AirAsia membatalkan sekitar 22 jadwal penerbangan dari dan ke Bali akibat erupsi Gunung Agung pada Kamis (28/6) kemarin. Puluhan penerbangan yang dibatalkan tersebut mencakup penerbangan domestik maupun luar negeri dari dan ke Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali.

“AirAsia akan menginformasikan status penerbangan terkini kepada penumpang yang terkena dampak melalui email dan SMS. AirAsia mengimbau semua penumpang untuk memperbarui nomor telepon dan alamat email yang terdaftar di www.airasia.com agar dapat senantiasa dihubungi untuk mendapatkan informasi terkini terkait status penerbangan,” ujar Head of Communication AirAsia Indonesia, Kamis (28/6), seperti dilansir Kompas.

Selain Air Asia, ada beberapa maskapai lainnya yang juga membatalkan penerbangan dari dan ke Bandara Ngurah Rai. “Observasi wilayah udara Bandara masih berlanjut dan hasil dari `paper test` menunjukkan masih nihil sebaran abu vulkanik,” ungkap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Arie Ahsanurrohim, seperti dilansir Antara.

Lebih lanjut Arie mengungkapkan bahwa pembatalan jadwal penerbangan sepenuhnya diambil berdasarkan pertimbangan maskapai. Sebagian besar penerbangan domestik AirAsia yang dibatalkan meliputi rute Jakarta dan Surabaya, serta untuk keberangkatan internasional meliputi Narita Jepang, Kuala Lumpur, Perth, Singapura, dan kedatangan dari Perth, Kuala Lumpur, dan Singapura. “Total ada 3.571 penumpang AirAsia yang terdampak yang ditangani maskapai bersangkutan,” paparnya.

Maskapai JetStar pun dilaporkan membatalkan jadwal penerbangan dari Perth dan JetStar Asia dari Singapura. Berdasarkan informasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG), Gunung Agung mengalami erupsi pada Rabu (27/6) sekitar pukul 22.21 WITA dengan tinggi kolom abu teramati mencapai 2.000 meter di atas puncak.

Pada pukul 06.00-12.00 WITA, asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 100-500 meter di atas puncak kawah dengan sebaran abu mengarah ke barat kemudian membelok ke barat daya.

Berdasarkan informasi terkini, operasional Bandara Internasional Ngurah Rai ditutup sekitar 16 jam dari pukul 03.00 WITA sampai 19.00 WITA nanti malam. Oleh sebab itu, penerbangan dari Bandara Internasional Juanda Surabaya ke Bali atau dari kota-kota lainnya kemungkinan tidak beroperasi untuk sementara waktu sampai Bandara Ngurah Rai kembali dibuka.