Sabtu, 09 Juni 2018

Citilink Resmi Terbang Perdana dari Bandara Juanda ke Kertajati

Jakarta – Maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia resmi terbang perdana dari Bandara Internasional Juanda Surabaya ke BIJB (Bandara Internasional Jawa Barat) Kertajati, Majalengka pada hari Jumat (8/6) kemarin. Penerbangan komersial tersebut menggunakan pesawat Airbus A320-200 bernomor QG 9820.

“Penerbangan perdana ini merupakan bagian dari penerbangan extra flight untuk mengakomodir penumpang yang hendak mudik Lebaran di kampung halaman masing-masing,” kata Vice President Corporate Secretary and CSR, Ranty Astari, di Kertajati, Jumat (8/6), seperti dilansir Liputan 6.

Dibukanya penerbangan dari Surabaya ke Majalengka pergi pulang (PP) ini diharapkan bisa memudahkan akses transportasi para penumpang yang bermukim di Jawa Barat bagian timur dan Jawa Tengah bagian barat selama musim mudik Lebaran 2018. Maskapai Citilink sendiri dijadwalkan menerbangi rute Surabaya-Majalengka secara reguler mulai tanggal 1 Juli 2018 mendatang.

“Citilink melihat prospek pertumbuhan penumpang dari dan menuju Bandara Kertajati sangat positif, sehingga memungkinkan untuk melakukan penerbangan reguler,” beber Ranty.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi yang mewakili Gubernur Jatim dalam penerbangan perdana tersebut berpendapat bahwa pembukaan rute Juanda-Kertajati adalah pilihan yang tepat. Pasalnya Bandara Juanda saat ini sudah melayani 39 rute penerbangan berjadwal yang terdiri dari 33 rute penerbangan domestik dan 6 rute penerbangan internasional.

Dengan rute penerbangan tersebut, jumlah penumpang tahun 2017 mencapai 20,13 juta orang. “Per tahun rata-rata pertumbuhan penumpang di Bandara sebesar 9,46 persen,” jelas Wahid.

Maskapai Citilink melayani penerbangan rute Surabaya-Kertajati dengan jadwal terbang dari Bandara Juanda pukul 05.25 WIB dan dijadwalkan tiba di Bandara Kertajati jam 06.55 WIB setiap hari. Sementara itu untuk penerbangan QG 9821 dari Kertajati diberangkatkan pada pukul 07.25 WIB dan mendarat di Bandara Juanda jam 08.55 WIB.

Dengan dibukanya penerbangan dari dan ke Bandara Kertajati ini pihak Citilink berharap bisa turut berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi setempat, mengingat pemerintah juga menargetkan untuk dapat menjadi titik pertumbuhan ekonomi yang segera memacu sentra-sentra ekonomi di daerah sekitarnya.