Rabu, 02 Mei 2018

Wujudkan Keselamatan Penerbangan, Bandara Juanda Gelar Acara FOD Walk

Surabaya – Manajemen Bandara Internasional Juanda dan seluruh stakeholder menyelenggarakan acara pembersihan Foreign Object Debris (FOD) Walk di area sisi udara pada Jumat (27/4) lalu. Dalam dunia penerbangan, FOD adalah objek-objek atau benda asing yang berada di sekitar pesawat serta berpotensi untuk menimbulkan kerusakan atau membahayakan keselamatan penerbangan.

Pembersihan FOD tersebut dilakukan sebagai wujud rangkaian Safety Campaign yang sudah dilaksanakan oleh pihak Bandara Juanda sejak tanggal 23 April 2018 lalu melalui pemasangan spanduk Ramp Safety Awareness di wilayah sisi udara sebagai media promosi keselamatan untuk seluruh personel bandara.

Kemudian pada (26/4) lalu juga dilaksanakan Ramp Check dan Sosialisasi Ramp Safety yang dihadiri seluruh stakeholder Bandara Juanda Surabaya dengan narasumber dari Kantor Otoritas Bandara Wilayah III Surabaya serta komitmen pembentukan Ramp Safety Committee.

“Selain inspeksi FOD yang rutin dilakukan, ini merupakan rangkaian kampanye keselamatan penerbangan yang digelar secara berkelanjutan. Kesadaran untuk menjaga keselamatan harus ditanamkan pada masing-masing pribadi yang ada di bandara. Namun upaya peningkatan kesadaran ini terus kita laksanakan karena mewujudkan keselamatan adalah kewajiban bersama seluruh stakeholder bandara,” ujar General Manager Bandara Juanda Heru Prasetyo, seperti dilansir Liputan 6.

FOD Walk turut dihadiri perwakilan stakeholder, mulai dari Kantor Otoritas Bandara Wilayah III, PT Angkasa Pura (AP) I, Perum LPPNPI, Airlines, Ground handling, dan sebagainya. FOD Walk sengaja dilakukan sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan budaya keselamatan bagi seluruh personel di wilayah sisi udara dan ramp area, serta upaya untuk mengampanyekan kesadaran akan kebersihan di ramp area atau wilayah sisi udara yang harus senantiasa terbebas dari FOD yang berpotensi untuk membahayakan aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur.

“Secara bersama seperti ini maka diharapkan mampu menjaga kolaborasi dan komunikasi dengan seluruh Stakeholder Bandara Juanda dalam meningkatkan Safety, Security, Services dan Compliance (3S + 1C) yang telah terjalin baik selama ini akan semakin baik lagi ke depannya,” pungkas Heru.