Senin, 14 Mei 2018

Teror Bom Surabaya, Pengamanan Bandara Juanda Diperketat

SURABAYA - Pemerintah dan pihak kepolisian langsung bereaksi cepat setelah teror bom melanda gereja di Surabaya. Seluruh pengamanan dan pengawasan fasilitas dan sarana publik, seperti bandara, terminal, dan pelabuhan langsung ditingkatkan, tidak terkecuali di Bandara Internasional Juanda, salah satu gerbang masuk ke Kota Pahlawan dan Provinsi Jawa Timur.



Seperti dilansir dari Tribun News, ketika mengunjungi korban teror bom gereja yang dirawat di RSUD Dr. Soetomo, pada Minggu (13/5) kemarin, Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Machfud Arifin, mengatakan bahwa sejauh ini, ledakan bom terpantau di tiga gereja, yaitu Gereja Santa Maria Tak Bercela di Ngagel Madya, Gereja Diponegoro, dan Gereja Arjuno. Ia menuturkan pihaknya terus melakukan pengamanan untuk mencegah timbulnya korban lain.

“Selama ini, penjagaan telah dilakukan di gereja-gereja, karenanya ada korban dari pihak aparat,” ujar Machfud. “Pihak kepolisian terus melakukan pengamanan mencegah timbulnya korban lain. Bahkan, pengamanan juga dilakukan di Bandara Internasional Juanda Surabaya. Jadi, masyarakat diminta untuk tetap tenang dan tidak takut.”

Sementara itu, merespons arahan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Direktorat Jenderal (Ditjen) Hubungan Udara, Ditjen Hubungan Laut, dan Ditjen Hubungan Darat pun langsung meningkatkan pengamanan di sektornya masing-masing. Khusus untuk sarana udara, otoritas telah menginstruksikan semua stakeholder penerbangan untuk memperketat pengamanan di semua bandara dan fasilitas penerbangan di seluruh Indonesia.

“Terutama bandar udara yang merupakan daerah yang banyak dikunjungi masyarakat. Apalagi ini menjelang bulan Ramadan, momen masyarakat melakukan perjalanan mudik dengan transportasi udara,” jelas Dirjen Perhubungan Udara, Agus Santoso. “Peralatan keamanan seperti CCTV, X-ray, serta personel keamanan harus disiagakan dan dipastikan bisa beroperasi dengan baik. Semua yang mencurigakan, baik orang maupun barang, harus segera ditangani di luar bandara.”

Tragedi bom Surabaya yang terjadi Minggu kemarin memang tengah menjadi topik panas di Tanah Air. Hingga berita ini diturunkan, setidaknya 14 orang dilaporkan tewas dalam kejadian tersebut. Banyak masyarakat yang berduka sekaligus mengecam aksi tersebut. Di media sosial, tagar #PrayforSurabaya pun didengungkan oleh netizen.