Minggu, 13 Mei 2018

Pemesanan Tiket Pesawat Online H-14 Lebaran Diprediksi Bakal Meningkat

Jakarta – Momen libur Lebaran 2018 yang berdekatan dengan libur sekolah rupanya banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata maupun mudik ke sejumlah daerah. Bahkan hingga kini permintaan tiket pesawat yang paling banyak dipesan masih menyasar ke beberapa kota besar di Indonesia, termasuk ke Surabaya (via Bandara Internasional Juanda).



“Masih menyasar empat kota seperti Surabaya, Yogyakarta, Bali, Makassar, dan Medan,” ujar PR and Communication Executive Traveloka, Busyra Oryza di Jakarta Pusat, Rabu (9/5), seperti dilansir Viva.

Sementara itu, destinasi luar negeri yang juga populer di kalangan masyarakat Indonesia masih terpusat pada kawasan Asia Tenggara, misalnya seperti negara Singapura, Malaysia, dan Thailand. Akan tetapi ada pula tujuan lain di luar wilayah Asia Tenggara yang kini mulai dilirik pengguna Traveloka, yaitu Jepang, Hong Kong, dan Seoul.

“Beberapa negara seperti Jepang mulai tinggi peminatnya, karena sudah bebas visa bagi mereka yang memiliki elektronik paspor. Selain itu juga sekarang banyak penerbangan murah, yang kompetitif ke destinasi tersebut. Itu jadi faktor yang membuat konsumen mulai pergi ke destinasi yang jauh enggak hanya di Asia Tenggara, saja tapi juga ke Asia Timur,” ungkap Busyra.

Lebih lanjut Busyra menjeskan jika antusiasme pembelian tiket terbesar akan berlangsung sekitar H-14 menjelang Lebaran. “Untuk antusiasmenya sendiri mulai naik, namun belum begitu signifikan. Kenaikan yang signifikan saat mudik dan Lebaran jatuh pada H-14,” kata Busyra.

Pada musim mudik Lebaran sendiri biasanya sejumlah maskapai menerapkan harga tiket batas atas yang kemungkinan lebih mahal dibandingkan harga tiket pada hari-hari biasa. Berdasarkan penelusuran Detik di sejumlah situs agen perjalanan, para maskapai menawarkan harga yang beragam untuk penerbangan dari Jakarta ke Bandara Juanda Surabaya pada H-3 Lebaran atau 12 Juni 2018.

Adapun tiket pesawat termurah dipatok dengan harga Rp 1.331.000 hingga Rp 1.631.000 dengan waktu tempuh 1,5 jam dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya. Harga tiket tersebut berlaku untuk 1 penumpang sekali jalan.