Minggu, 06 Mei 2018

Cukup Rp 12 Juta Bisa Terbang ke Rute Domestik Mana Saja dengan Sriwijaya Air

Jakarta – Maskapai Sriwijaya Air Group belum lama ini memperkenalkan program baru bertajuk Sriwijaya Air Travel Pass. Lewat program tersebut masyarakat dapat menikmati layanan penerbangan domestik menggunakan pesawat Sriwijaya Air sepuasnya selama 1 tahun penuh cukup dengan membayar biaya Rp 12 juta.



“Dengan membayar Rp 12 juta dia (pelanggan) menjadi member. Dia bisa terbang kemana saja dan kapan saja, sehari lima kali (terbang) pun boleh. Tidak ada black out day, jadi kapan pun, kemana pun rute domestik, bebas dilakukan pemegang kartu,” kata Direktur Komersial Sriwijaya Air Grup Toto Nursatyo di Jakarta, Rabu (2/5), seperti dilansir Kompas.

Lebih lanjut Toto menjelaskan jika pendaftaran keanggotaan Sriwijaya Travel Pass ini bisa dilakukan melalui website dan gerai resmi Sriwijaya Air. Akan tetapi calon pengguna jasa yang tertarik dengan program ini harus segera mendaftarkan diri, pasalnya pihak Sriwijaya menegaskan jika program Sriwijaya Travel Pass tersebut sangat terbatas.

Toto mengatakan bahwa program Sriwijaya Travel Pass adalah wujud inovasi yang ditawarkan oleh Sriwijaya Air Group. Terlebih karena rata-rata kursi penerbangan Sriwijaya Air selama ini hanya terisi 85 persen saja per tahun. “(Tingkat keterisian kursi penerbangan) 85 persen itu sekitar 12,5 juta (penumpang). Sisanya ada 15 persen seat kosong tiap tahun. Nah kita berpikir (seat kosong) ini mau diapain, karena saat pesawat terbang cost-nya sama, tapi ada seat kosong,” jelas Toto.

Peluncuran program ini kata Toto semata hanya wujud inovasi, bukan berarti terdapat masalah keuangan yang dialami oleh perusahaan. “Perlu kita luruskan, sampai hari ini Sriwijaya Group sehat secara finansial dan operasional,” beber Toto.

Walaupun hanya dengan mengeluarkan biaya Rp 12 juta saja para pengguna jasa bisa terbang ke rute domestik mana saja dan kapan saja selama 1 tahun, pihak Sriwijaya Air Group tidak membebaskan penumpang dari seluruh biaya administrasi yang dibutuhkan. “Setiap terbang penumpang cukup membayar airport tax, asuransi, PPN, biaya administrasi. Misalnya mau ke Denpasar dari (Bandara) Soetta, sekali flight (ada total biaya administrasi) Rp 164.600, kalau ke Yogyakarta Rp 157.000, ke Jayapura Rp 288.000,” ungkapnya.