Rabu, 23 Mei 2018

Bandara Juanda Siapkan 31 Penerbangan Tambahan untuk Hadapi Mudik Lebaran

Sidoarjo – Dalam rangka menghadapi musim angkutan Lebaran 2018, Bandara Internasional Juanda Surabaya mulai melakukan persiapan pelayanan arus mudik dan balik. PT Angkasa Pura (AP) I selaku pengelola Bandara Juanda mengungkapkan jika dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri ini pihaknya menyediakan penerbangan tambahan alias extra flight.

Menurut Humas PT Angkasa Pura I Yuristo Hanggoro, Bandara Juanda setidaknya mempersiapkan sekitar 31 penerbangan ekstra. Penerbangan tambahan tersebut meliputi tujuan Jakarta, Balikpapan, dan Denpasar. Sedangkan untuk penerbangan rute internasional yang ditambah slotnya adalah tujuan Singapura. Tiket pesawat untuk penerbangan ekstra tersebut kabarnya telah mulai dijual secara online pada hari Senin, 21 Mei 2018 lalu.

Tersedianya penerbangan tambahan ini menurut Yuristo akan mempermudah masyarakat yang hendak mudik ke kampung halamannya. Para pengguna jasa penerbangan di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur pun diharapkan tak perlu khawatir akan kehabisan tiket pesawat ketika memasuki musim mudik kelak.

Sejumlah 31 penerbangan tambahan untuk angkutan Lebaran 2018 tersebut akan dioperasikan sejak awal bulan Juni hingga H+8 Lebaran. “Dan bagi kami, tidak menutup kemungkinan jumlah penerbangan ekstra ini akan bertambah mendekati Hari H Lebaran,” papar Yuristo.

Namun dalam waktu dekat ini menjelang libur panjang hingga 4 hari pada akhir Mei 2018, pergerakan penumpang di Bandara Juanda justru diprediksi landai saja. Pergerakan penumpang diperkirakan landai karena masyarakat diprediksi akan menyimpan tenaga dan materi untuk libur Lebaran kelak. “Kenaikan penumpang untuk liburan saya rasa tak akan terjadi. Karena masyarakat masih menahan tenaga dan uangnya untuk mudik,” ucap Yuristo.

Sesuai yang tercantum pada kalender bulan Mei 2018, pada hari Selasa (29/5) merupakan hari libur peringatan Hari Raya Waisak 2562. Para karyawan diperkirakan banyak yang mengambil cuti pada Senin (28/5) karena terdapat hari terjepit pada Minggu (27/5). Pegawai negeri dan perbankan juga biasanya Sabtu libur dan akan menambah hari libur pada Senin (28/5). “Ya meski libur panjang bisa saja naik jumlah penumpangnya. Kami berharap ada kenaikan penumpang juga sih,” tandasnya.