Rabu, 09 Mei 2018

Angkasa Pura I Sabet Penghargaan The Most Excellent Airport in Safety and Services

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) I belum lama ini kembali menyabet penghargaan bergengsi sebagai The Most Excellent Airport in Safety and Services dalam ajang Bisnis Indonesia Award (BIA) 2018. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja perusahaan, terutama kinerja yang berkaitan dengan keselamatan dan layanan penerbangan selain kinerja keuangan.

“Dalam menjaga aspek safety dan service, kami selalu bekerja sama dengan Airport Council International untuk mengadakan pelatihan dan penilaian Airport Excellence in Safety di hampir seluruh bandara-bandara,” ujar Direktur Utama PT AP I, Faik Fahmi, Selasa (8/5), seperti dilansir Bisnis.

Pelatihan tersebut menurutnya dilakukan demi menjaga standar keamanan, keselamatan, dan kepatuhan sesuai standar yang ditentukan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO). Di bidang service, bandara-bandara yang berada di bawah pengelolaan PT AP I pun dinilai pada ajang Airport Service Quality (ASQ) Award yang menjadi satu-satunya program benchmarking global dalam mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara yang juga diselenggarakan ACI.

Dalam ajang tingkat internasional ASQ Awards 2017 yang digelar Airport Council International (ACI) terdapat 3 bandara AP I yang menyabet penghargaan, yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Juanda Surabaya.

Penghargaan BIA 2018 sekaligus jadi penghargaan ketiga yang didapat AP I usai mengantongi penghargaan sebagai HR Best Asia Companies to Work For in Asia 2018 - Indonesia Chapter dan Silver Winner The Most Promising Company in Strategic Marketing and Tactical di acara BUMN Marketeers Award 2018.

Dalam ajang BIA 2018, penilaian dilakukan berdasar periode laporan keuangan selama 3 tahun terakhir, yakni 2015-2017. Untuk kategori penghargaan khusus, diberikan pada perusahaan (emiten dan non-emiten) yang dipilih dari sidang dewan redaksi berdasar berbagai parameter dan kriteria.

“Penghargaan ini mengindikasikan kinerja kami yang cukup terlihat dan berdampak di era percepatan pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan konektivitas udara di wilayah tengah dan Timur Indonesia. Bisa menjadi dorongan semangat untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan serta menyelesaikan proyek-proyek pembangunan bandara sesuai target,” tandasnya.

Sebagai informasi PT AP I adalah operator 13 bandara di kawasan tengah dan timur Indonesia. Pada tahun 2017 PT Angkasa Pura I mengalami pertumbuhan pendapatan sebesar 17,2 persen menjadi Rp 7,19 triliun.