Rabu, 30 Mei 2018

9 dan 10 Juni 2018 Diprediksi Jadi Puncak Arus Mudik Lebaran di Bandara Juanda

Surabaya – Puncak arus mudik di Bandara Internasional Juanda Sidoarjo, Jawa Timur diperkirakan berlangsung pada H-5 Lebaran. Pada tanggal 9 dan 10 Juni 2018 para pemudik diprediksi mulai memadati Bandara Juanda untuk melakukan penerbangan ke sejumlah destinasi.

Humas PT Angkasa Pura 1 Juanda Yuristo Ardi Hanggoro menjelaskan bahwa pihak PT AP I kini tengah berusaha untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat mudik Lebaran 2018. “Kami siapkan ruang tunggu yang cukup. Termasuk terminal umrah akan kami manfaatkan untuk ruang tunggu pemudik,” kata Yuristo, seperti dilansir Tribunnews.

Libur Lebaran tahun ini memang berbeda dari libur Lebaran tahun lalu. Jumlah libur Lebaran 2018 berdasarkan SKB Menteri untuk tahun ini adalah 10 hari, yang terdiri dari 2 hari libur Idul Fitri 1439 Hijriah pada tanggal 15 dan 16 Juni 2018, ditambah dengan 8 hari cuti bersama yang jatuh pada tanggal 11, 12, 13, 14, 17, 18, 19, dan 20 Juni 2018.

PT Angkasa Pura (AP) selaku pengelola Bandara Internasional Juanda berusaha untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitasnya supaya aktivitas mudik para pengguna jasa bisa lebih nyaman, terutama ketika menunggu jadwal keberangkatan pesawat, termasuk dengan mengantisipasi penumpukan penumpang karena kemungkinan adanya penerbangan yang mengalami keterlambatan atau delay dari jadwal yang semestinya.

Sekarang ini persiapan layanan Bandara Juanda sedang dimaksimalkan. Kelak akan disediakan posko Lebaran yang siap melayani para pengguna jasa, baik untuk mengarahkan penumpang atau membantu penumpang yang sedang mencari informasi seputar penerbangan. Posko Terpadu tersebut nantinya bukan hanya menyiagakan personel dari PT AP I saja, tetapi juga dari pihak maskapai dan petugas TNI/Polri dan Dinkes.

Selama libur Lebaran, Bandara Internasional Juanda juga dipersiapkan untuk beroperasi selama 24 jam penuh. Selain Bandara Juanda, nantinya dipastikan akan ada 7 bandara lain yang juga buka selama 24 jam saat mudik Lebaran, yakni Bandara Soekarno Hatta, Bandara Halim Perdanakusuma, Bandara Sultan Hasanuddin, Bandara Hang Nadim, Bandara Ngurah Rai, Bandara Sam Ratulangi, dan Bandara Kualanamu.