Kamis, 12 April 2018

Sudah Ada Rambu Larangan, Kini Tak Ada Lagi PKL & Parkir Liar di Akses Bandara Juanda

Surabaya – PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Juanda rupanya cukup tanggap dalam merespons berbagai keluhan dari para pengguna jasa. Akses utama menuju Bandara Internasional Juanda di Jalan By Pass Juanda mulai terlihat rapi dan tertib sejak hari Selasa (10/4) lalu. Jalanan yang biasanya terlihat kurang teratur karena berjajar mobil-mobil yang parkir liar kini terlihat lengang.

Berdasarkan pemantauan Tribunnews di lapangan, tidak ada lagi deretan mobil yang parkir liar di akses utama menuju Bandara Juanda. Pasalnya PT AP I Juanda telah memasang rambu larangan parkir di sepanjang jalan untuk menertibkan para pengendara mobil yang biasa parkir sembarangan. Tak hanya larangan parkir di area utama jalan menuju Bandara Juanda, akses jalan tersebut kini kondisinya juga steril dari para pedagang kaki lima (PKL) yang biasa berjualan di pinggir jalan.

“Saya sudah respons pemberitaan harian Surya. Sudah kami pasangi rambu larangan parkir,” ujar General Manager PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Juanda, Heru Prasetyo. Heru menegaskan jika pihaknya sengaja memasang rambu di akses By Pass Juanda untuk menciptakan budaya yang tertib dan nyaman ketika memasuki Bandara Juanda.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, keberadaan parkir liar di sepanjang akses menuju bandara internasional ini memang cukup meresahkan. Terlebih karena PT AP I mengaku kesulitan untuk mengajak para pengguna jasa Bandara Juanda untuk tertib terhadap peraturan. Bahkan kabarnya Wakil Presiden Jusuf Kalla juga turut menegur keberadaan parkir liar tersebut.

Sebelum dipasang rambu larangan parkir, pihak PT AP I bersama Polisi Militer AL (Pomal) sudah berupaya menertibkan para pengemudi kendaraan untuk tidak parkir sembarangan di akses Bandara Juanda. Pihak AP I dan Pomal mengaku pernah menggembosi ban kendaraan yang parkir liar di Bypass Juanda.

Beberapa pengemudi yang melanggar beralasan jika mereka tidak tahu bahwa area tersebut seharusnya steril karena tidak terpampang rambu larangan yang jelas. Akan tetapi dengan adanya rambu larangan parkir, berjualan, maupun membuang sampah di area tersebut, kini akses Bandara Juanda pun tampak lebih rapi dan bersih dari PKL maupun deretan mobil yang biasanya parkir sembarangan.