Minggu, 15 April 2018

Sasar Sektor Pariwisata, Wings Air Jajaki Rute Penerbangan Baru Surabaya-Karimunjawa

Jakarta – Setelah sukses dengan rute penerbangan komersial dari Bandara Internasional Juanda Surabaya ke Bandara Trunojoyo Sumenep dan sebaliknya, Lion Air Group melalui anak perusahaannya, Wings Air kini tengah menjajaki kemungkinan pembukaan rute penerbangan langsung alias direct flight dari dan ke Pulau Karimunjawa.

Penumpang memasuki pesawat Wings Air - merdeka.com


Direktur Komersial Wings Air Rudy Lumingkewas menjelaskan jika pihak Wings Air telah mengirim tim untuk menganalisis peluang pasar dari pembukaan rute penerbangan ke salah satu tujuan wisata terkenal di Jawa Tengah tersebut. Akan tetapi Rudy tidak membeberkan kapan tenggat waktu dari analisis tersebut. “(Pulau Karimunjawa) itu memiliki potensi wisata yang bagus. Sudah ada bandaranya juga, kami akan kaji dulu,” jelas Rudy, Kamis (12/4), seperti dilansir Tempo.

Wings Air sendiri berencana bahwa penerbangan langsung yang akan dibuka dari Karimunjawa adalah Surabaya. Wings Air memang sengaja memiliki Surabaya lantaran kota ini telah terkoneksi dengan destinasi lainnya. Lebih lanjut Rudy menjelaskan jika rute penerbangan Lion Air Group dari dan ke Surabaya memang cukup banyak. Setidaknya terdapat beberapa rute kota-kota besar yang terhubung dengan Surabaya, seperti Jakarta, Yogyakarta, hingga China.

Dengan dibukanya penerbangan langsung ke Karimunjawa diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan para wisatawan dibandingkan lewat transportasi darat atau laut. Terbang dari Surabaya ke Karimunjawa diperkirakan hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam.

Di Karimun Jawa terdapat akses udara melalui Bandara Dewadaru yang memiliki ukuran landasan pacu panjang 1.300 meter dengan lebar 30 meter. Bandara tersebut dapat didarati oleh pesawat jenis ATR 72 dengan kapasitas lebih dari 70 orang. Hingga kini Wings Air sudah beroperasi di sekitar 107 bandara komersial dengan melayani 353 frekuensi penerbangan setiap hari. Wings Air memiliki 54 unit armada pesawat tipe ATR 72-500 dan ATR 72-600.

Sebelumnya Wings Air juga telah membuka rute penerbangan Semarang-Lombok pada (25/3) lalu untuk mengakomodir tingginya permintaan pelanggan, terutama pelanggan yang hendak melakukan perjalanan wisata bersama pasangan atau keluarga.