Kamis, 05 April 2018

Pesawat Wings Air Maintenance, Penerbangan Sumenep-Surabaya Kerap Delay

Sumenep – Beberapa hari belakangan ini penerbangan komersial rute dari Bandara Trunojoyo Sumenep, Jawa Timur ke Bandara Internasional Juanda Surabaya kerap mengalami keterlambatan atau delay. Menurut sejumlah penumpang hal ini dianggap cukup mengganggu.

Sedianya pesawat Wings Air dijadwalkan berangkat dari Bandara Juanda ke Bandara Trunojoyo pada pukul 12.45 WIB dan mendarat jam 13.20 WIB. Sedangkan dari Bandara Trunojoyo ke Bandara Juanda berangkat pada pukul 13.45 WIB dan sampai pukul 14.20 WIB. Akan tetapi akhir-akhir ini pesawat tersebut baru mendarat di Sumenep pada jam 16.00 WIB atau lebih.

Menurut Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandara Kelas III B Trunojoyo Sumenep, Indra Triyantono, sejumlah penerbangan rute Sumenep-Surabaya delay lantaran sebagian pesawat Wings Air memasuki jadwal maintenance (perawatan). “Selama beberapa hari terakhir ini memang sering terjadi kelambatan penerbangan. Ini disebabkan sebagian pesawat milik Wings Air sedang dalam perawatan,” ujar Indra, Rabu (4/4), seperti dilansir Portal Madura.

Meski demikian, pihak Kantor Unit Penyelenggara Bandara Kelas III B Trunojoyo Sumenep memastikan bahwa penerbangan rute Sumenep-Surabaya mulai berjalan normal sejak Selasa (4/4) lalu lantaran perawatan pesawat Wings Air sudah rampung. “Hasil koordinasi kami dengan maskapai, hari ini sudah mulai normal kembali. Semoga ke depan tidak terjadi delay lagi, karena secara tidak langsung kami juga dirugikan,” beber Indra.

PT Wings Abadi (Wings Air) melayani penerbangan komersial di Bandara Trunojoyo Sumenep sejak tahun 2017 lalu menggunakan pesawat tipe ATR 72 berkapasitas 70 penumpang. Penerbangan dari Sumenep-Surabaya dan sebaliknya tersebut dilayani setiap hari sebanyak 1 kali.

Lama perjalanan dari Sumenep ke Surabaya melalui jalur udara memang relatif singkat, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja. Harga tiket pesawat dari Sumenep ke Surabaya dipatok sebesar Rp 175 ribu, sementara itu untuk rute penerbangan dari Surabaya ke Sumenep harga tiket pesawatnya sebesar Rp 225 ribu.