Selasa, 17 April 2018

Mudik Lebaran, Ada Penerbangan dari Bandara Juanda ke Bandara Kertajati

BANDUNG – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) mulai tahun 2018 ini dilaporkan sudah bisa digunakan untuk mudik Lebaran. Untuk tahap awal, pelabuhan udara yang sering disebut sebagai Bandara Kertajati tersebut akan melayani lima rute penerbangan, salah satunya dari Surabaya melalui Bandara Internasional Juanda.

“Insya Allah, Bandara Kertajati akan dicoba untuk melayani mudik Lebaran tahun ini, untuk lima kota,” jelas Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Dedi Mulyadi, Senin (16/4) kemarin, seperti dilansir dari Antara. “Bandara Kertajati akan melayani penerbangan dari Medan, Makassar, Balikpapan, Denpasar, dan Surabaya.”

Dedi menambahkan, untuk maskapai yang akan melayani penerbangan, salah satunya adalah Sriwijaya Air. Dirinya pun tinggal menunggu perintah dari Menteri Perhubungan untuk membuka rute tersebut. “Pada akhir Mei mendatang, terminal di Bandara Kertajati sudah siap digunakan dan akses dari non-tol menuju bandara juga sudah bisa dipakai,” sambung Dedi.

Sementara itu, maskapai Citilink Indonesia juga memiliki ketertarikan untuk membuka penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Jawa Barat. Pihak perusahaan menganggap bahwa rute menuju bandara baru tersebut memiliki pasar yang menjanjikan. Namun, Citilink belum bisa menyebutkan secara detail mengenai rute penerbangan yang akan dioperasikan.

“Bandara Internasional Jawa Barat ini membuka peluang yang bagus karena mengambil pasar masyarakat Jawa Barat dan sebagian perbatasan Jawa Tengah yang berada cukup jauh dari Jakarta,” kata Direktur Utama PT Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo. “Kami hingga saat ini masih menggodok kemungkinan untuk membuka rute penerbangan dari dan menuju bandara tersebut.”

Hingga saat ini, perkembangan proyek Bandara Internasional Jawa Barat diklaim sudah mencapai 98 persen, baik di sisi udara maupun sisi darat. Pembangunan sisi udara dikatakan telah rampung seratus persen, sedangkan sisi darat mencapai hampir 96 persen, menyisakan finishing, termasuk terminal penumpang.