Sabtu, 07 April 2018

Meresahkan, Wapres Ikut Tegur Parkir Liar di Bypass Bandara Juanda

Surabaya – Keberadaan parkir liar di sepanjang akses jalan menuju Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur memang cukup meresahkan. Walaupun berkali-kali telah ditertibkan oleh Satgas Pengamanan Bandara Juanda, rupanya masih banyak pengendara mobil yang parkir di sepanjang Jalan Bypass Pabean Juanda.

General Manager PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Juanda, Heru Prasetyo mengatakan bahwa mengajak pengguna jasa Bandara Juanda untuk tertib memang tidak mudah. “Kami akan segera pasang rambu larangan parkir di sepanjang areal itu. Selama ini memang tak ada petunjuk larangan parkir. Tapi kami imbau sebaiknya hindari parkir di tepi jalan By Pass Juanda,” ungkap Heru, seperti dilansir Tribunnews.

Bahkan kabarnya akibat adanya parkir liar di sepanjang jalan akses Bandara Juanda ini juga membuat Wakil Presiden Jusuf Kalla turut menegur. “Pak Wapres ikut menegur,” imbuh Heru.

Alhasil pihak PT AP I Juanda pun berupaya meminta bantuan pada Polisi Militer AL (Pomal) untuk menertibkan parkir liar yang berada di sepanjang akses Bandara Juanda. “Banyak yang kami gembosi paksa. Tapi sekarang balik lagi. Kami tetap tak akan berhenti untuk menciptakan lingkungan bandara yang nyaman,” ucap Heru.

Hingga kini akses Bypass Bandara Juanda masih banyak parkir liar lantaran belum terpampang rambu larangan parkir. Sementara itu di depan Kantor Basarnas terpantau bebas dari parkir liar lantaran di bagian depan pagar sudah terpasang rambu larangan parkir.

Hal ini ternyata juga dibenarkan oleh salah satu pengemudi yang sempat parkir di area tersebut. “Mana saya tahu kalau parkir di sini dilarang. Kan tidak ada rambu larangan,” ungkap salah satu pengendara bernama Kurniawan.

Ia menuturkan, dibandingkan menunggu di area parkir mobil Bandara Juanda, parkir di Bypass Pabean dinilai lebih hemat. Sebagai informasi, pihak Bandara Juanda menerapkan tarif parkir roda 4 mulai dari Rp 6.000 untuk 1 jam pertama. Kemudian setiap jam berikutnya hingga 5 jam dikenai biaya parkir Rp 2.000, tarif parkir 5-12 jam Rp 25 ribu, 12-24 jam Rp 55 ribu, dan tarif parkir inap mobil di Bandara Juanda Rp 50 ribu.