Jumat, 27 April 2018

Lion Air Layani Rute Penerbangan Baru Surabaya-Haikou

Surabaya – Maskapai Lion Air membuka rute penerbangan baru dari Bandara Internasional Juanda Surabaya ke Bandara Internasional Meilan Haikou, Hainan. Rute penerbangan internasional terbaru ini adalah penerbangan charter dan akan mulai beroperasi perdana pada hari ini, Jumat, 27 April 2018.

“Rencananya penerbangan pertama akan kita lakukan 27 April. Nantinya, rute ini akan dilayani setiap minggu. Tepatnya setiap hari Jumat,” kata Public Relation Lion Air Group, Rama Ditya Handoko, Rabu (25/4), seperti dilansir Indopos.

Pada rute penerbangan Surabaya-Tiongkok ini Lion Air akan menggunakan pesawat jenis Boeing 737-900 ER berkapasitas 200 penumpang. Pesawat Lion Air bernomor penerbangan JT 2661 dijadwalkan berangkat dari Bandara Juanda pada pukul 17.40 WIB dan mendarat di Haikou jam 23.45 waktu setempat.

“Sedangkan penerbangan sebaliknya akan dilakukan setiap hari Sabtu. Dengan jadwal keberangkatan dari Haikou pada 00.55 waktu setempat dan tiba di Surabaya pada 05.00 WIB, dengan nomor penerbangan JT 2660,” beber Rama.

Rama menjelaskan bahwa rute penerbangan terbaru ini terwujud berkat kerjasama antara Lion Air Group dengan Hainan United Airlines Travel Group Co.,Ltd supaya dapat membawa warga asal Indonesia melalui Surabaya untuk bisa berkunjung dan berlibur ke salah satu kota di China, yakni Haikou. Demikian pula sebaliknya, agar warga China, melalui Haikou dapat liburan ke Indonesia.

“Harapannya, pembukaan rute ini dapat membantu mendukung capaian target wisatawan mancanegara tahun 2018 sebanyak 17 Juta yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata,” papar Rama.

Seperti diketahui Hainan United Airlines Travel Group Co.,Ltd telah bekerjasama dengan Lion Air Group sejak lama dan menghubungkan berbagai destinasi di Indonesia dengan China. “Seperti pada 5 Agustus 2017 telah beroperasi penerbangan charter dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, menuju Sanya. Penerbangan JT2781 dilayani setiap Kamis malam di Cengkareng. Sedangkan penerbangan dari Sanya dilakukan Jumat dengan kode penerbangan JT2780,” katanya.

“Lalu, sejak 30 September 2017 ada penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Haikou. Penerbangan dengan kode JT2789, dilayani setiap Kamis dan Sabtu. Sementara dari Haikou penerbangan JT2788 dilakukan Rabu dan Minggu,” imbuhnya.

Sejak bulan Agustus 2017 lalu jumlah wisatawan yang dibawa oleh Hainan United Airlines Travel Group dan Lion Air Group dari Indonesia ke China telah menginjak angka 14.000, sedangkan dari China ke Indonesia jumlahnya 3.000 wisatawan.