Senin, 02 April 2018

Libur Paskah, Penumpang Bandara Juanda Naik 21 Persen

SURABAYA – Libur panjang terkait perayaan Paskah telah usai. Bandara Internasional Juanda, yang menjadi salah satu pusat transportasi, pun dipadati oleh penumpang yang hendak kembali ke tempat kerja atau asal mereka. Hingga Senin (2/4) pagi tadi, jumlah penumpang di bandara tersebut naik sekitar 21 persen selama long weekend kemarin.



Seperti diberitakan oleh Tribun News, kepadatan arus balik di bandara yang berlokasi di Sidoarjo tersebut terjadi mulai Minggu (1/4) malam hingga Senin pagi tadi. Dipadati ribuan penumpang, jadwal penerbangan perdana di awal pekan menjadi waktu favorit banyak penumpang untuk kembali lagi ke tempat tugas mereka.

“Selain penerbangan jam 05.00 WIB, penerbangan sebelum jam 06.00 WIB juga menjadi favorit banyak pelancong,” jelas Humas PT Angkasa Pura I Bandara Juanda, Yuristo Ardi Hanggoro. “Namun, penerbangan paling favorit untuk arus balik long weekend Paskah adalah penerbangan tadi malam, karena selain ada waktu untuk istirahat, mereka juga tidak keburu waktu masuk kerja.”

Berdasarkan dari PT Angkasa Pura I Bandara Juanda, tercatat ada kenaikan jumlah penumpang mencapai 21 persen pada momen libur Paskah kemarin dibandingkan weekend biasa yang maksimal 53 ribuan penumpang. Mulai Minggu malam hingga Senin pagi tadi, ada sekitar 67.886 penumpang yang memadati Bandara Juanda ketika arus balik Paskah.

Selain kenaikan jumlah penumpang, pergerakan pesawat di Bandara Juanda juga ikutan meningkat dalam akhir pekan kemarin. Jika pada weekend biasa, jumlah pergerakan pesawat mencapai 426 pesawat, maka di momen libur panjang kemarin meningkat 6 persen menjadi 455 pergerakan, bauk untuk penerbangan domestik maupun internasional.

Rute-rute populer masih menjadi favorit traveler yang ingin memanfaatkan libur tiga hari bersama kerabat maupun teman. Rute-rute seperti Surabaya-Jakarta atau Surabaya-Denpasar selalu penuh. Demikian pula yang terjadi pada penerbangan dari Surabaya menuju Bandung maupun Surabaya menuju Yogyakarta.