Jumat, 13 April 2018

Kerap Bikin Semrawut, Bandara Juanda Bakal Tertibkan Para Pengantar Jemaah Umrah

Surabaya – Saat memasuki musim ibadah umrah atau haji biasanya Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur bukan hanya akan dipadati oleh calon jemaah yang akan terbang ke Tanah Suci saja, tetapi juga dipadati oleh para pengantar. Jumlahnya tak tanggung-tanggung, pada suatu kesempatan bisa mencapai ribuan orang.

Keberadaan pengantar jemaah umrah tersebut menurut petugas menimbulkan kesemrawutan di Bandara Juanda dan juga mengurangi kenyamanan para pengguna jasa. “Kami tidak akan melarang keluarga jemaah mengantar umrah. Sebab mereka juga pengguna jasa bandara. Tapi kami minta bandara mengatur saat arus mudik besok,” ujar Direktur SDM dan Umum PT Angkasa Pura (AP) I, Budi Nugroho, Rabu (11/4), seperti dilansir Tribunnews.

Lebih lanjut Budi meminta agar semua bandara yang berada di bawah pengelolaan PT AP I untuk mempersiapkan diri secara khusus untuk melayani para pemudik. Bandara yang berada di bawah naungan PT AP I meliputi bandara di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Indonesia Timur.

Saat menjelang ibadah puasa Ramadan sampai hari H puncak angkutan mudik Lebaran, bandara akan selalu dipadati oleh penumpang. Sementara itu pada saat yang bersamaan, para jemaah umrah dan pengantarnya pun juga bertambah banyak. “Terutama keluarga pengantar bisa dua kali lipat jumlahnya dari jemaah umrahnya. Kami minta pengelola bandara termasuk Bandara Juanda mengatur dan mengendalikan mereka,” beber Budi.

Budi berpendapat diperlukan solusi berupa zonasi dan jalur khusus bagi jemaah dan pengantar umrah. Dengan demikian, para pengantar dan jemaah umrah tidak bercampur dengan para pemudik yang hendak melakukan penerbangan untuk pulang ke kampung halamannya.

Umumnya menjelang akhir bulan Ramadan justru banyak orang yang menunaikan ibadah umrah. Sedangkan pemudik juga mulai memadati bandara. Oleh sebab itu pemandangan seperti penumpang yang berjubel di lobi Bandara Juanda pun bukan hal yang asing lagi. “Grafik penumpang umrah makin hari makin meningkat. Sebab banyak penerbangan kini langsung ke Mekah. Nanti saat mudik, kami juga akan bikin Posko Mudik untuk membantu penumpang,” ujarnya.

Ditemui secara terpisah, General Manager PT AP I Cabang Juanda, Heru Prasetyo memaparkan jika pihaknya sudah memisahkan gate umrah dengan penumpang umum. “Umrah ada di Gate 11 dan 12,” kata Heru. Selain itu Bandara Juanda juga akan mengerahkan petugas untuk mengarahkan keluarga calon jemaah umrah untuk menuju gate yang telah ditentukan.