Minggu, 29 April 2018

Harga Tiket Pesawat untuk Mudik Lebaran dari Batam ke Surabaya Naik 3 Kali Lipat!

Batam – Tiket pesawat untuk mudik Lebaran rupanya mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Bahkan kabarnya harga tiket mudik Lebaran naik hingga 3 kali lipat dari hari biasa, terutama tiket penerbangan rute Batam-Surabaya.



Berdasarkan informasi dari beberapa agen perjalanan, harga tiket pesawat dari Batam menuju Bandara Internasional Juanda yang biasanya berkisar Rp 645 ribu kini bisa naik hingga Rp 2 juta atau lebih dari 3 kali lipat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Demikian pula di agen-agen tiket online seperti Traveloka, Tiket.com, Pegipegi, dan sebagainya, harganya pun tidak jauh berbeda.

Salah satu pemudik bernama Muhammad Fauzi yang berencana untuk pulang kampung pada 14 Juni 2018 atau H-2 Lebaran pun merasa kelimpungan lantaran lonjakan harga tiket yang tajam. Fauzi mengatakan jika ia biasanya setahun sekali mudik ke Surabaya dan sudah memperkirakan harga tiket memang akan naik. “Tapi, biasanya kalau cari jauh-jauh hari dapat yang agak murah. Ini sudah tak ada lagi,” ujar Fauzi, seperti dilansir Sindo.

Lebih lanjut Fauzi memaparkan jika telah berusaha mencari tiket pesawat ke berbagai agen dan mencoba membeli secara online karena berharap dapat memperoleh tiket dengan harga yang lebih murah. Namun harga tiket pesawat hampir seragam pada hari-hari menjelang Lebaran. “Padahal saya mau mudik bawa anak-istri,” ungkapnya.

Tak hanya rute Batam-Surabaya saja, rute lain seperti Batam ke Padang pun juga dilaporkan mengalami kenaikan. Walaupun tidak semahal kenaikan rute Batam-Surabaya, harga tiket ke Padang rupanya telah naik lebih dari 2 kali lipat. Saat hari-hari normal, harganya hanya RP 450 ribu hingga Rp 500 ribu, tetapi menjelang Lebaran harga tiket dibanderol Rp 1 juta.

Meski demikian, calon pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman dengan membawa orang tua atau anak-anak tampaknya bisa bernapas sedikit lega. Pasalnya maskapai Citilink menawarkan diskon atau potongan harga sebesar 25% untuk penumpang anak-anak yang berusia 2-12 tahun dan penumpang lansia berumur di atas 65 tahun. Promo ini berlaku untuk penerbangan rute manapun dan sampai batas waktu yang belum ditentukan oleh pihak Citilink.