Selasa, 10 April 2018

Evaluasi 2017, Ini Permintaan & Saran Pengguna Jasa untuk Bandara Juanda

SURABAYA – Sepanjang tahun 2017 kemarin, secara umum, para pengguna jasa mengaku puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda. Meski demikian, para pengguna jasa tetap menyampaikan permintaan dan saran kepada Bandara Juanda, termasuk perbaikan fasilitas area parkir, musala, serta kenyamanan ruang tunggu dan antrean.

Dikutip dari akun Twitter @angkasapura172, diketahui bahwa sepanjang tahun kemarin, tercatat ada 26.138 feedback yang tercatat. Sebanyak 74,05 persen feedback disampaikan melalui costumer service dan sisanya disalurkan melalui email, akun Twitter, Facebook, telepon, kotak saran, dan laporan langsung ke petugas.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 7.637 laporan atau 29,22 persen ditujukan untuk pelayanan Bandara. Kategori informasi menempati peringkat tertinggi dari laporan para pengguna, yaitu sebanyak 7.104 laporan atau mencapai 91,84 persen. Sementara, permintaan dan saran dari pengguna jasa tercatat sebanyak 3,09 persen dan komplain atau keluhan tercatat sebesar 5,07 persen.

Dari 236 laporan permintaan dan saran , announcement merupakan request yang paling banyak diminta oleh para pengguna jasa, yaitu sebesar 39,83 persen. Selanjutnya, pengguna jasa juga mengajukan permintaan untuk wheel chair (11 permintaan), baby stroller (10 permintaan), penitipan barang (5 permintaan), serta nursery room, parkir kendaraan, airlines, kursi, signage, dan stop kontak.

Sementara, untuk saran, perbaikan fasilitas area parkir kendaraan menjadi saran yang paling banyak diajukan oleh para pengguna jasa, yaitu sebesar 5,08 persen dari total 236 laporan. Kemudian, para pengguna jasa juga meminta perbaikan musala (10 saran), kenyamanan ruang tunggu (6 saran), antrean (5 saran), ruang merokok (4 saran), layanan taksi (4 saran), serta masing-masing 3 saran untuk shuttle bus, x-ray, dan drop zone, serta 2 saran untuk FIDS.