Jumat, 20 April 2018

Bus Damri Bakal Buka Rute Perjalanan Mojokerto-Bandara Juanda Sebelum Lebaran

Mojokerto – Dibukanya tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) rupanya menarik minat Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mojokerto untuk membuka trayek transportasi umum rute Mojokerto-Bandara Juanda. Pasalnya keberadaan Tol Sumo dinilai semakin mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari Surabaya ke Mojokerto dan sebaliknya.

“Gagasan untuk membuka transportasi umum moda muncul setelah tol Sumo dibuka. Dengan dibukanya tol Sumo, waktu tempuh Mojokerto-Juanda atau sebaliknya semakin singkat. Sementara itu transportasi umum moda belum ada. Padahal tugas pemerintah salah satunya menyediakan transportasi umum,” ucap Kepala Dishub Kota Mojokerto, Gaguk Prasetyo, Selasa (17/4), seperti dilansir Duta.

Keberadaan layanan moda transportasi umum ini diharapkan mempermudah masyarakat memperoleh layanan transportasi yang aman, nyaman, cepat, praktis, dan murah. “Layanan transportasi umum moda sepenuhnya akan dilakukan oleh Damri. Kita hanya menyampaikan gagasan dan membantu memfasilitasi,” ungkap Gaguk.

Gagasan ini kabarnya telah dikoordinasikan dengan Damri di Surabaya. “Permohonan untuk membuka transportasi umum moda telah disampaikan kepada Damri melalui surat. Suratnya ditandatangani Pak Wali (Wali Kota Mojokerto Mas’ud Yunus),” terang Gaguk.

Sejauh ini kabarnya tanggapan Damri pun cukup positif. Akhir bulan ini pihak Damri berencana melakukan survei dan rencananya rute tersebut akan dibuka sebelum Lebaran untuk membantu kelancaran angkutan Lebaran. “Momentumnya tepat alau memang sebelum lebaran sudah dibuka sebab saat libur lebaran jalur Moda akan sibuk sekali, dan transportasi Moda akan sangat membantu kelancaran angkutan lebaran,” katanya.

Gaguk memperkirakan tarif bus Damri Mojokerto-Juanda kemungkinan tidak lebih dari Rp 50 ribu untuk sekali jalan. Harga tersebut menurutnya lebih murah dibandingkan menggunakan mobil pribadi. “Nanti tidak perlu lagi membawa kendaraan pribadi untuk ke Bandara Juanda, kita sediakan bus kota. Dan jatuhnya secara ekonomi lebih hemat,” jelas Gaguk.

Hingga kini layanan bus Damri di Bandara Internasional Juanda baru sebatas melayani beberapa rute seperti ke Terminal Purabaya, Terminal Tanjung Perak, dan Terminal Bunder Gresik. Biaya yang dipatok untuk bus Damri dari Bandara Juanda ke Terminal Purabaya dan Tanjung Perak masing-masing sebesar Rp 25 ribu, sedangkan untuk ke Terminal Bunder Gresik tarifnya Rp 40 ribu.