Minggu, 01 April 2018

Banyak yang Berlibur, Aktivitas Penerbangan di Bandara Juanda Padat

Surabaya – Pada momen libur panjang yang bertepatan dengan perayaan Paskah kali ini, aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Juanda terpantau lebih padat dari hari biasanya. Peningkatan jumlah penumpang berlangsung sejak Kamis (29/3) lalu hingga hari ini, Minggu (1/4).



Head Communication and Legal Section PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Juanda, Yuristo A. Hanggoro memaparkan bahwa jumlah penumpang saat ini telah meningkat hingga 21% dari jumlah penumpang rata-rata pada hari biasa yang hanya 53.000 orang. “Dari data realisasi penumpang pada Kamis untuk domestik di terminal 1 dan internasional di terminal 2 tercatat sebanyak 67.886 penumpang. Sementara data pergerakan pesawat sebanyak 455 pesawat,” kata Yuristo, Sabtu (31/3), seperti dilansir Tribunnews.

Aktivitas penerbangan pada Sabtu (31/3) menurutnya mengalami peningkatan yang hampir sama dengan 2 hari sebelumnya. Sedangkan untuk pergerakan pesawat juga naik hingga 6% dari hari biasa yang rata-rata mencapai angka 426 pergerakan pesawat. Yuristo memprediksi bahwa peningkatan aktivitas penerbangan ini akan terjadi hingga 3 hari ke depan. “Dibanding dengan perkiraan (forecast) kami, realisasi pergerakan penumpang sekitar 20 persen di atas forecast dan pesawat empat persen di atas forecast,” tutur Yuristo.

Untuk mengantisipasi tingginya aktivitas penerbangan di Bandara Juanda, PT AP I berupaya untuk meningkatkan pengamanan dan pengawasan. “Tentu ada antisipasi khusus mengingat jumlah penumpang lebih dari hari biasa dan hal ini sudah menjadi standar operasional, petugas juga sudah terbiasa menghadapi situasi libur panjang,” jelas Yuristo.

Berdasarkan pemantauan di lapangan, momen long weekend kali ini juga dimanfaatkan oleh sejumlah maskapai penerbangan untuk menerapkan harga tiket termahal (batas atas) dari Bandara Juanda. Harga tiket paling mahal dari Bandara Juanda adalah tujuan Bandung yang bisa dipatok hingga Rp 1,4 jutaan untuk tiket pesawat Lion Air rute Surabaya-Bandung.

Pihak Lion Air dikabarkan mematok tarif batas atas karena permintaan rute tersebut cukup tinggi sejak beberapa hari lalu. Harga tersebut mengalami kenaikan 60% dari harga biasanya yang hanya Rp 900 ribu. Maskapai lain seperti Sriwijaya Air juga memasang tarif Rp 1.019.000 untuk rute Surabaya-Bandung.