Kamis, 01 Maret 2018

Viral Penumpang Cekcok dengan Petugas Avsec, Bandara Juanda Minta Maaf

Surabaya – Belum lama ini beredar video viral terkait penumpang yang cekcok dengan petugas bagian keamanan atau Aviation Security (Avsec) di Bandara Internasional Juanda. Cerita berawal saat seorang penumpang bernama Yuni Sze membawa oleh-oleh yang dikemas dalam Styrofoam yang masing-masing berisi 5 bungkus bakso matang dan 4 potong ayam panggang. Karena bungkusan tersebut dinilai mencurigakan, petugas pun meminta penumpang untuk melaporkan barangnya ke Karantina Pertanian agar memperoleh izin pengangkutan barang.

“Sesuai tugas dan tanggungjawabnya petugas airport security kemudian meminta dilakukan pemeriksaan manual untuk memeriksa barang tersebut. Hasilnya didapati berisi daging dan pentol,” kata Awalludin, Corporate Communication Dept Head PT Angkasa Pura (AP) I, seperti dilansir Kumparan.

Sementara itu, penumpang yang hendak terbang ke Hongkong tersebut menolak untuk melaporkannya ke pihak karantina. Pasalnya Yuni beranggapan bahwa barang-barang yang ia bawa tak perlu masuk karantina. Oleh sebab itu ia terlibat adu mulut dengan petugas dan menuduh petugas akan melakukan pungli. Padahal menurut Awalludin petugas tak berniat melakukan tindakan tersebut. “Petugas tersebut tidak berniat melakukan pungutan liar, hanya melakukan tugas sesuai aturan,” ujarnya.

Lebih lanjut Awalludin mengatakan jika petugas Avsec hanya menjalankan mekanisme aturan bandara. “Menunjuk PP nomor 82 Tahun 2000 tentang Karantina Hewan yang menyatakan bahwa media pembawa yang akan dikeluarkan dari wilayah negara Republik Indonesia, wajib dilengkapi sertifikat kesehatan,” beber Awalludin.

Kejadian itu sendiri diketahui berlangsung Terminal 2 yang merupakan tempat keberangkatan pesawat internasional. Pihak PT Angkasa Pura (AP) II sendiri menyesalkan kejadian tersebut dan meminta permohonan maaf pada penumpang. “Manajemen mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi terkait peristiwa di Terminal 2 tersebut, dalam hal ini akan melakukan pembinaan terhadap personel,” kata Awalludin.

Hingga kini 2 video yang direkam penumpang berdurasi 36 detik dan 9 detik tersebut ramai diperbincangkan di media sosial dan telah ditonton hingga jutaan orang. Banyak netizen yang menyayangkan kejadian tersebut dan menilai petugas Avsec memberikan pelayanan yang kurang memuaskan.