Sabtu, 24 Maret 2018

PT AP I Dukung Kampanye Switch Off Earth Hour 2018 di Juanda & 12 Bandara Lainnya

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) I mendukung kampanye global Switch Off Earth Hour 2018 yang digagas oleh World Wildlife Fund (WWF). Kampanye penghematan energi dan peduli lingkungan ini akan dilakukan serentak di 13 bandara yang berada di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I, termasuk Bandara Internasional Juanda, Surabaya.

Switch Off Earth Hour 2018 dilaksanakan pada Sabtu (24/3) pukul 20.30 waktu setempat. Untuk tahun ini, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali menjadi pusat pelaksanaan Switch Off. Di sejumlah titik bandara akan dilakukan pemadaman listrik dan lampu selama 1 jam pada pukul 20.30-21.30, misalnya di board name bandara, area perkantoran, dan beberapa tenant.

“Kampanye ‘Switch Off Earth Hour 2018’ kami laksanakan secara serentak di 13 bandara yang kami kelola. Hal itu sebagai salah satu komitmen dan kepedulian Angkasa Pura I untuk mengurangi pemanasan global, perubahan iklim serta mewujudkan lingkungan hidup yang lebih baik seperti yang dicanangkan oleh WWF,” kata Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi, Jumat (23/3), seperti dilansir Liputan 6.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero), Devy Suradji menambahkan, tema Switch Off Earth Hour 2018 adalah Connect 2 Earth, sesuai karakter PT AP I yang ingin menjadi penghubung antara wisatawan dengan alam. “Earth Hour itu kampanye peduli lingkungan, bukan sekadar penghematan energi. Jadi, kami tidak akan menghitung efisiensi dalam hal listrik, tetapi pengurangan waste dan produksi plastik, serta wisatawan yang smart di Bandara Angkasa Pura I,” jelasnya.

Walaupun akan ada kegiatan pemadaman listrik, pihak AP I memastikan jika kampanye ini tak mengganggu operasional bandara. “Secara keseluruhan, kegiatan ini tidak akan mengganggu aktivitas operasional dan pelayanan di bandara kami,” katanya.

Selain kampanye Switch Off Earth Hour 2018, PT AP I juga melaksanakan program kampanye pelestarian di sejumlah wilayah operasionalnya. Sebagai contoh, di Surabaya PT AP I menyelenggarakan kegiatan bersih-bersih di Bandara Juanda bersama komunitas dan karyawan serta mengumpulkan tanda tangan (petisi) penumpang sebagai bentuk dukungan gerakan Earth Hour.