Jumat, 23 Maret 2018

Pemkab Sidoarjo Bakal Bangun Airport City di Bandara Juanda

Sidoarjo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo rupanya tidak hanya berencana untuk mengembangkan Bandara Juanda, tetapi juga akan membangun Airport City di daerah sekitar Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur.

Kepala Bappeda Sidoarjo, Agoes B. Tjahjono menyatakan jika sejauh ini sudah ada 3 investor yang tertarik untuk dilibatkan dalam proyek tersebut. “ Semua investor lokal atau investor dalam negeri yang selama ini juga sudah beroperasi di Sidoarjo,” kata Agoes, seperti dilansir Tribunnews.

Airportcity sendiri konsepnya berupa kawasan baru di sekitar Bandara Juanda yang dilengkapi pusat bisnis dan pusat perbelanjaan. Selain itu, airport city juga akan terkoneksi dengan kawasan industri. Perusahaan-perusahaan yang tertarik dalam pembangunan airport city ini nantinya akan dikolaborasikan dalam pengembangan kawasan baru di sekitar Bandara Juanda.

Agoes mengatakan jika lahan yang paling mungkin digunakan dalam program tersebut adalah lahan di Kecamatan Sedati, yakni di sebelah utara atau sebelah selatan Bandara Juanda. “Lahannya ada di sekitar bandara. Tapi luasannya berapa saya tidak hafal. Kan perlu hitung-hitungan dulu seberapa besar kebutuhan lahan untuk rencana tersebut,” beber Agoes.

Airportcity yang digagas oleh Pemkab Sidoarjo ini nantinya juga akan dihubungkan dengan pengembangan Bandara Juanda. Namun sayang Agoes masih belum dapat menjelaskan secara detail konsep pembangunan proyek tersebut. Dalam waktu dekat ini pihaknya akan kembali berdiskusi dengan para investor yang berminat terlibat dalam proyek tersebut.

Sebelumnya, investor asal Korea Selatan, Incheon International telah menyatakan minatnya untuk dilibatkan dalam pengembangan Bandara Juanda dan pembangunan Jalur Lingkar Luar Timur (JLLT) Sidoarjo yang akan terhubung dengan JLLT Surabaya. Investor dari Korsel tersebut kabarnya tertarik untuk berpartisipasi dalam pengembangan Terminal 3 dan Terminal 4 Bandara Juanda.

“Mereka perusahaan dari Korea yang berminat dengan pengembangan bandara dan JLLT. Mereka juga sempat menyampaikan konsep pengembangan bandara itu seperti yang dikerjakan di Korea,” kata Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah.

Akan tetapi Saiful Ilah masih belum bisa memutuskan rencana proyek tersebut. Sebab pihaknya masih akan berdiskusi dengan pihak-pihak terkait seperti Kementerian Perhubungan dan Pemprov Jawa Timur. “Mereka juga tertarik dengan rencana pembangunan ini. Namun, masih perlu pembahasan-pembahasan lebih lanjut untuk merealisasikannya,” tutupnya.