Sabtu, 31 Maret 2018

Libur Paskah, Sejumlah Maskapai di Bandara Juanda Pasang Tarif Batas Atas

Surabaya – Seperti halnya momen long weekend atau libur panjang pada umumnya, saat perayaan Paskah kali ini arus penumpang di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur juga mengalami kepadatan. Puncak kepadatan arus penumpang berlangsung sejak Kamis (29/3) malam lalu. Kepadatan penumpang ini tentunya juga mempengaruhi harga tiket pesawat ke sejumlah destinasi.

Berdasarkan pemantauan di lapangan, harga tiket pesawat paling mahal dari Bandara Juanda adalah pesawat menuju Kota Bandung. Sejak Kamis (29/3) lalu sejumlah maskapai yang beroperasi di Bandara Juanda memberlakukan tarif batas atas. Beberapa maskapai selain Garuda Indonesia diketahui menerapkan tarif batas atas untuk penerbangan tujuan Bandung.

Sebagai contoh, untuk tiket pesawat Lion Air dari Surabaya ke Bandung mencapai Rp 1,4 jutaan. Menurut Manajer Lion Air Surabaya, Kholid Widodo, permintaan tiket penerbangan Surabaya-Bandung dilaporkan cukup tinggi sejak hari Rabu (28/3). “Persisnya harga tiket Lion Air ke Bandung Rp 1.452.000. Harga ini naik karena long weekend,” ujar Kholid, seperti dilansir Tribunnews.

Harga tiket pesawat tersebut mengalami kenaikan hingga 60% dari harga normal yang berlaku pada saat hari biasa. Penerbangan Surabaya-Bandung pada hari biasa umumnya berkisar di angka Rp 900 ribu. Tak hanya maskapai Lion Air, Sriwijaya Air juga diketahui menerapkan tarif batas atas pada momen long weekend yang bertepatan dengan libur Paskah kali ini. Adapun tiket Sriwijaya Air dari Bandara Juanda menuju Bandung dipatok Rp 1.019.000. “Tepatnya untuk penerbangan pukul 17.45 WIB,” ungkap Manajer Sriwijaya Air Surabaya, Hendrik Ardiansyah.

Hendrik menjelaskan bahwa harga tiket pesawat naik karena tingginya permintaan masyarakat. Kota-kota destinasi wisata lainnya pun juga mengalami kenaikan harga tiket pesawat. Misalnya rute penerbangan ke Jakarta yang setiap hari memang padat, hingga rute ke Denpasar dan Yogyakarta yang sudah habis terjual. “Di luar Bandung, harga tertinggi berlaku untuk tujuan Denpasar,” katanya. Harga tiket batas atas untuk tujuan Bali Rp 821 ribu.