Jumat, 09 Maret 2018

Citilink Akan Sediakan Fasilitas Wi-Fi Dalam Pesawat Menuju Surabaya & Rute Lainnya

Jakarta – Maskapai berbiaya murah atau Low Cost Carrier (LCC) Citilink Indonesia bakal menyediakan layanan internet untuk para penumpang dalam pesawat. Ke depannya penumpang Citilink dapat menikmati layanan internet dengan koneksi wifi dalam pesawat.

Menurut Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo, layanan wifi tersebut memungkinkan penumpang bebas mengakses internet untuk bekerja, sosial media, dan sebagainya selama perjalanan. “Kami adakan pelayanan ini karena layanan Inflight Connectivity yang paling atas diinginkan penumpang,” ungkap Juliandra di Jakarta, Kamis (8/3), seperti dilansir Kompas.

Namun untuk sementara ini layanan internet dalam pesawat hanya disediakan untuk 4 rute penerbangan emas alias golden route yang selama ini jadi penerbangan terlaris Citilink. “Yang paling banyak ada ke Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Denpasar,” kata Juliandra.

Sepanjang tahun 2017 lalu, kapasitas penumpang atau load factor ke 4 destinasi tersebut mencapai angka 85%. Rute penerbangan emas ini kabarnya jadi rute penerbangan pertama yang terlebih dahulu dipasangi jaringan Wi-Fi. “Yang jelas yang load factornya di atas 85 persen kita akan pasang duluan,” ujarnya.

Juliandra berharap dengan disediakannya koneksi wifi dalam pesawat bisa meningkatkan jumlah penumpang secara keseluruhan dari rata-rata saat ini 75-79% menjadi 85%. “Kadang-kadang di peak season tinggi di atas 80 tapi kita pastinya punya target ke depan seat load faktor kita rata-rata di atas 80 persen. Jadi itu target kita bisa mencapai 85 persen itu menjadi target,” jelas Juliandra.

Untuk pengadaan layanan tersebut, Citilink bekerjasama dengan perusahaan teknologi PT Mahata Aero (MAT) dan Lufthansa Technik serta Lufthansa System. Nantinya layanan internet dalam pesawat ini akan diberikan secara gratis pada penumpang. “Layanan ini gratis, tanpa dipungut biaya apapun. Pemasangan wifi ini di semua pesawat milik Citilink. Pada tahun ini 5 pesawat akan dipasang layanan wifi,” tuturnya.

Kecepatan internet yang akan dipasang mencapai 75 Mbps. Teknologi hardware yang akan dipakai untuk In-Flight Wi-Fi Connectivity meliputi Ka band (Satcom), GX Connectivity System (On board Equipment), dan BYOD Portable (Bring Your own Device). Sedangkan teknologi software yang diusung adalah Multi Enterprise Platform (Hybrid Cloud connection) dan Mobile App Front end.