Kamis, 08 Maret 2018

Bandara Juanda Raih Peringkat Ke-3 Bandara Terbaik di Dunia

Surabaya – PT Angkasa Pura (AP) I kembali mencetak prestasi membanggakan di mata dunia. Setidaknya 3 bandara yang dikelola AP I dilaporkan menyabet penghargaan tingkat global dari Airport Service Quality (ASQ) 2017. ASQ sendiri adalah survei yang dilaksanakan Airport Council International (ACI). Ketiga bandara yang mendapatkan penghargaan antara lain, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Juanda Surabaya.

Hasil survei yang dilakukan ASQ telah dirilis sejak (6/3) lalu waktu Kanada. ASQ disebutkan sebagai satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara yang dilakukan oleh ACI, organisasi kebandarudaraan ternama yang berbasis di Montreal, Kanada.

Menurut Direktur Utama AP I Faik Fahmi, Bandara I Gusti Ngurah Rai telah meningkatkan prestasinya, demikian pula Bandara Juanda dan Bandara SAMS Sepinggan yang sebelumnya hanya berhasil bertengger di posisi 10 besar. “Bandara Juanda memperoleh peringkat 3rd place tie Best Airport by Size: 15-25 million passenger per year. Penghargaannya adalah Peringkat Ketiga Bandara Terbaik pada kategori bandara dengan jumlah penumpang 15-25 juta orang per tahun,” kata Faik, seperti dilansir Tribunnews.

Kemudian Bandara Ngurah Rai berhasil menang pada 3 kategori, antara lain Bandara terbaik di Asia Pasifik dengan jumlah penumpang 15-25 juta orang per tahun, Bandara terbaik (Peringkat Pertama) pada kategori bandara dengan jumlah penumpang 15-25 juta orang per tahun, dan Peringkat Kedua Bandara Terbaik di Asia Pasifik dengan jumlah penumpang di atas 2 juta orang per tahun.

Sedangkan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan menyabet penghargaan ‘2nd place tie Best Airport by Size: 5-15 million passenger per year’ atau Peringkat Dua Bandara Terbaik pada kategori bandara dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun. “Pengakuan ini merupakan bukti nyata atas kerja keras dan fokus kami untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa bandara di tengah tantangan keterbatasan kapasitas yang ada,” sambung Faik.

Kolonel Heru Prasetyo, General Manager PT AP I cabang Bandara Juanda mengaku bangga atas prestasi yang diraih tersebut. Lebih lanjut Heru mengatakan jika targetnya untuk Bandara Juanda tidak ingin terlalu tinggi atau besar. “Pelayanan terhadap penumpang adalah kewajiban kami. Kita bekerja secara ikhlas saja,” pungkasnya.