Selasa, 13 Februari 2018

Wings Air Segera Buka Rute Malinau ke Surabaya via Balikpapan

MALINAU – Setelah KalStar Aviation berhenti beroperasi, masyarakat Malinau tidak lama lagi kembali dilayani oleh maskapai penerbangan. Pasalnya, pada tanggal 22 Februari 2018 mendatang, Wings Air bakal membuka penerbangan yang menghubungkan daerah di Provinsi Kalimantan Utara tersebut ke berbagai destinasi di Indonesia, termasuk Surabaya, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Banjarmasin, Berau, Pontianak, Manado, Palu, dan Makassar, via Balikpapan.

Sebelumnya, penerbangan ke Malinau dikabarkan akan dilakukan Xpress Air. Namun, karena maskapai tersebut gagal melakukan proving flight (pembuktian penerbangan) pada Sabtu (10/2) pekan kemarin, Wings Air langsung ‘menyalip’ rute tersebut. Isu Wings Air bakal terbang melintasi Malinau sendiri sudah berkembang sejak bulan Oktober 2017 lalu.

“Benar, Wings Air akan melakukan penerbangan perdana pada hari itu (Kamis, 22 Februari). Jadwal itu sudah pasti, bahkan saya sudah bertemu dengan Gubernur Kalimantan Utara untuk menyampaikan hal ini,” papar Kepala Bandara Kol. RA Bessing Malinau, Mustaji. “Jadi, tidak akan gagal lagi. Ya, kita tunggu saja bersama-sama penerbangan perdananya nanti. Semoga saja semua lancar.”

Mustaji menambahkan bahwa Wings Air tidak akan melakukan proving flight rute tersebut. Mereka akan langsung melakukan penerbangan perdana dengan membawa penumpang. Namun, untuk terbang dari mana, dirinya belum bisa memastikan. “Untuk rutenya, penerbangan dilakukan dari Malinau pukul 09.35 dengan tujuan Jakarta-Bandung-Yogyakarta- Solo-Surabaya-Banjarmasin-Berau-Pontianak-Manado-Palu-Makassar. Semua penerbangan melalui Balikpapan,” sambungnya.

Senada, Kepala Bidang Perhubungan Udara Dinas Perhubungan Kalimantan Utara, Andi Nasuha, juga mengungkapkan bahwa informasi tersebut benar adanya. Dikatakannya, sesuai jadwal, Wings Air memang akan melayani rute Malinau pada tanggal 22 Februari. “Sampai sekarang belum ada perubahan jadwal dari pihak Wings Air,” katanya.

Menurut rencana, Wings Air akan lebih dulu melakukan uji coba penerbangan selama dua bulan. Jika kuota penumpang minimal 85 persen per harinya terisi, maka layanan Wings Air akan terus berjalan. Sebaliknya, jika tidak memenuhi kuota, kemungkinan Wings Air akan menghentikan penerbangan dengan rute Malinau.