Rabu, 28 Februari 2018

Terkendala Slot, Penambahan Jadwal Penerbangan Sumenep-Surabaya Belum Terealisasi

Sumenep – Sebelumnya dikabarkan bahwa maskapai Wings Air akan menambah jadwal penerbangan rute Sumenep-Surabaya dari 1 kali menjadi 2 kali sehari. Namun rupanya rencana penambahan jadwal atau trip penerbangan komersial dari Bandara Trunojoyo Sumenep ke Bandara Internasional Juanda Surabaya, dan sebaliknya tersebut masih belum dapat direalisasikan.

Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep yang baru, Indra Triyantono menyatakan jika penambahan jadwal penerbangan pada pagi hari masih terkendala oleh pengaturan slot di sisi Surabaya. “Rencana penambahan trip penerbangan itu memang ada dan usulan dari maskapai sudah masuk, tapi itu belum bisa terealisasi karena masih terkendala pengaturan slot pada saat penerbangan Sumenep-Surabaya,” kata Indra, Selasa (27/2), seperti dilansir Limadetik.

Oleh sebab itu sampai sekarang penerbangan Sumenep-Surabaya dan sebaliknya masih berjalan 1 kali penerbangan setiap hari. “Kalau dari Surabaya ke Sumenep sudah tidak ada masalah. Jadi, sekarang sedang dilakukan pengaturan slot penerbangan di Bandara Juanda, karena penerbangan dari Bandara Trunojoyo tidak berhenti di Surabaya melainkan connecting ke bandara lain di sejumlah daerah di Indonesia,” beber Indra.

Indra pun mengungkapkan jika rencana penambahan trip penerbangan tersebut sebenarnya adalah permintaan masyarakat. Pasalnya jumlah penumpang setiap hari cukup banyak, rata-rata di atas 80%. “Kalau melihat animo masyarakat, penambahan trip penerbangan itu memang secepatnya dilakukan. Sebab, ini merupakan bagian dari pelayanan terhadap masyarakat Sumenep,” jelasnya.

Penerbangan komersial yang sudah beroperasi di Bandara Trunojoyo selama ini adalah dari Surabaya-Sumenep berangkat pukul 13.45 WIB dan langsung kembali lagi ke Surabaya setiap hari. Sementara itu, rencana penambahan jadwal yang diajukan adalah pada pagi hari pukul 06.00 WIB dari Surabaya-Sumenep dan kembali lagi ke Surabaya jam 07.00 WIB setiap hari.

Bandara Trunojoyo Sumenep mulai beroperasi pada 30 November 2010 lalu dan menjadi satu-satunya bandar udara yang dibuka di Madura. Mulanya Bandara Trunojoyo hanya dimanfaatkan untuk sekolah penerbangan dan penerbangan perintis. Akan tetapi pada 27 September 2017 mulai dioperasikan jalur penerbangan komersial Sumenep-Surabaya dengan pesawat tipe ATR 72-600.