Sabtu, 10 Februari 2018

Sriwijaya Air Tambah Penerbangan Rute Surabaya-Denpasar untuk Antisipasi Libur Imlek

Surabaya – Walaupun kini pemesanan tiket transportasi seperti pesawat sudah bisa dilakukan secara online, ternyata dari 100% pemesanan tiket pesawat yang dilakukan melalui agen, masih sekitar 40% dilakukan secara konvensional. Kontribusi agen konvensional ini cukup besar untuk melayani pembelian tiket secara rombongan atau kelompok yang acap kali kurang diakomodir oleh layanan tiket secara online.

“Bagi Sriwijaya Air, mereka masih memberi kontribusi yang besar. Sekitar 80 persen penjualan tiket kami melalui agen tiket baik konvensional maupun online. Memang 40 persen adalah agen konvensional,” ungkap Hendrik Ardiansyah, District Manager Sriwijaya Air Surabaya, Rabu (7/2) malam, seperti dilansir Tribunnews.

Selain 80% penjualan tiket pesawat dilayani oleh agen, hanya sekitar 20% pembelian tiket dilayani langsung lewat Sriwijaya Air. Dari persentase tersebut, hanya 10% dipesan lewat aplikasi Sriwijaya Air dan sisanya datang langsung ke layanan kantor Sriwijaya Air.

Di awal tahun 2018 ini yang notabene merupakan low season dalam industri penerbangan, Sriwijaya Air Group justru mengalami kenaikan load factor dengan adanya libur Imlek 2018 yang bertepatan dengan long weekend. “Kami antisipasi dengan menambah extra flight rute Surabaya - Denpasar dengan satu kali penerbangan sehari. Bila sebelumnya dua kali sehari, mulai 9 Februari kami tambah menjadi tiga kali sehari hingga akhir Februari,” beber Hendrik.

Penerbangan tambahan rute Surabaya-Denpasar via Bandara Internasional Juanda ini dilayani dengan pesawat Boeing 737-800 berkapasitas 188 tempat duduk. Low season ini diperkirakan terjadi sampai pertengahan April 2018. Akan tetapi tren penumpang meningkat pada low season diprediksi terjadi pada Maret 2018 karena ada 2 kali long weekend pada Maret. “Ada pertolongan Long Week End yang membuat musim low season saat ini ada peningkatan,” ucap Hendrik.

Ditemui secara terpisah, Dirjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Agus Santoso menjelaskan jika Sriwijaya Air Group akan menambah 21.168 kursi penerbangan pada 5 rute, yaitu Jakarta-Tanjung Pandan (PP), Jakarta-Pontianak (PP), Jakarta-Pangkal Pinang (PP), Pangkal Pinang-Palembang (PP) dan Jakarta-Semarang (PP).

Terkait extra flight pada perayaan Imlek 2018, Kemenhub mengimbau maskapai, pengelola bandara, ground handling, dan pengelola navigasi penerbangan untuk patuh pada prinsip 3S + 1C. “Hal ini penting mengingat extra flight dilaksanakan di luar waktu-waktu penerbangan yang normal di masing-masing bandara,” tandas Agus.