Rabu, 21 Februari 2018

Meski Imlek Sudah Lewat, Rute Transit Sriwijaya Air dari Palembang ke Surabaya Cukup Ramai

Palembang – Walaupun pada Minggu (18/2) libur Tahun Baru Imlek 2018 sudah berakhir, ternyata tiket maskapai penerbangan Sriwijaya Air pada Senin (19/2) justru habis dibeli oleh para penumpang pesawat. Rute yang banyak difavoritkan masyarakat adalah Palembang-Jakarta dan Palembang-Pangkal Pinang.

Menurut Sales Representatif Sriwijaya Air Kantor Palembang, Ajeng Sekar, rute tersebut menjadi rute yang tiketnya habis terjual. Hingga Senin (19/2) lalu, 378 tiket pesawat rute Palembang-Jakarta dan Palembang-Pangkal Pinang telah habis. “Hari ini (Senin) masih ramai yang beli tiket. Untuk rute Palembang- Jakarta dan Palembang - Bangka full booked. Masing-masing 189 tiket habis,” ujar Ajeng, seperti dilansir Tribunnews.

Ajeng menjelaskan bahwa mayoritas penumpang Sriwijaya Air memang sengaja mengundur kepulangannya pada Senin lalu supaya tak terlalu ramai dan tak terburu-buru menghabiskan waktu liburannya. “Banyak yang pulang hari ini supaya tidak ramai dan terburu-buru. Tapi tiket kita juga habis walaupun liburan sudah selesai,” ungkap Ajeng.

Selain kedua rute tersebut, rute penerbangan transit seperti dari Palembang ke Surabaya (via Bandara Internasional Juanda), Malang, dan sejumlah kota di Pulau Jawa lainnya juga cukup ramai lantaran harus transit melalui Jakarta. “Transitan lumayan banyak peminat karena kalau ke Surabaya, Malang atau ke Jawa kami masih transit via Jakarta. Ramai juga yang pesan maskapai kita sehari setelah liburan ini meskipun bukan untuk penerbangan langsung seperti rute Palembang - Jakarta, Palembang - Pangkal Pinang atau Palembang – Yogyakarta,” bebernya.

Sepanjang libur panjang Imlek 2018, Sriwijaya Air setidaknya menyiapkan 21.168 kursi tambahan untuk mengakomodir lonjakan penumpang. Kursi tersebut disediakan untuk sejumlah rute penerbangan, yaitu Jakarta – Tanjung Pandan PP, Jakarta – Pontianak PP, Jakarta – Pangkal Pinang PP, Pangkal Pinang – Palembang PP, dan Jakarta – Semarang PP.

Rute-rute yang ditambah tersebut menurut pihak Sriwijaya Air memang merupakan rute penerbangan yang paling banyak diminati setiap perayaan Imlek. Dengan adanya penambahan kursi juga membuat Sriwijaya Air menambah jadwal penerbangan kelima rute tersebut. Meski sudah ditambah rupanya antusiasme masyarakat untuk merayakan Imlek sekaligus berlibur tetap tinggi hingga membuat tiket sejumlah rute habis terjual.