Selasa, 27 Februari 2018

Manfaatkan Tol, Bakal Dibuka Bus Khusus Rute Mojokerto-Bandara Juanda

MOJOKERTO – Dinas Perhubungan Kota Mojokerto berencana untuk mengadakan bus khusus yang menghubungkan rute dari wilayah Mojokerto menuju Bandara Internasional Juanda di Kabupaten Sidoarjo. Program transportasi bernama pemandu moda tersebut akan memanfaatkan bus Damri yang beroperasi melalui jalur tol.

“Programnya bernama transportasi pemandu moda, yakni dengan menggunakan bus kota milik Damri yang akan beroperasi dari Kota Mojokerto ke Surabaya (Bandara Juanda) melalui jalur tol,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Mojokerto, Gaguk Try Prasetyo. “Ide ini muncul karena tingginya mobilisasi warga Kota Mojokerto ke luar daerah dengan menggunakan jasa penerbangan udara melalui Bandara Juanda.”

Untuk mewujudkan hal tersebut, Gaguk menambahkan bahwa pihaknya sudah melakukan pembicaraan, terutama dengan Perum Damri, baik yang ada di pusat maupun Perum Damri di Surabaya. Menurutnya, langkah tersebut mendapat support penuh dari perusahaan. “Secara lisan, sudah saya paparkan ke Damri, dan respon mereka positif, jadi tinggal kami siapkan pengajuan tertulis,” sambung Gaguk.

“Jika terealisasi, angkutan pemandu moda ini bisa mudah diakses oleh seluruh masyarakat Mojokerto yang hendak ke Bandara Juanda,” imbuh Gaguk. “Jadi, masyarakat nantinya tidak perlu ke terminal, tetapi bisa menunggu di pinggir jalan, dan bisa langsung terangkut sampai ke bandara. Tentunya, pelayanan ini akan terjadwal secara tetap sehingga punya waktu yang sudah dipastikan jam keberangkatannya.”

Sebelumnya, jika masyarakat Kota Mojokerto dan sekitarnya ingin memanfaatkan jasa angkutan udara di Bandara Juanda, mereka harus menggunakan kendaraan pribadi atau mungkin mobil bus yang mungkin kurang efektif dan efisien. Nah, dengan adanya jalur tol Mojokerto-Surabaya yang sudah dibuka, maka pengadaan bus khusus akan mempermudah akses dan mobilitas warga menuju Bandara Juanda.