Kamis, 15 Februari 2018

Jelang Libur Imlek, Arus Penumpang di Bandara Juanda Mulai Padat

Surabaya – Menjelang libur panjang perayaan Tahun Baru Imlek 2018, arus penumpang yang ingin mudik sekaligus berlibur melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur terpantau padat sejak Rabu (14/2) kemarin.

Sebagian besar calon penumpang yang berasal dari kalangan Tionghoa terlihat mengantre di loket check in sejumlah maskapai penerbangan di Terminal 1 Bandara Juanda. Mereka umumnya mudik lebih awal lantaran ingin menghindari kepadatan penumpang yang bertepatan dengan libur panjang akhir pekan (long weekend). Selain itu, harga tiket pesawat kemarin juga masih tergolong normal.

Akan tetapi harga tiket pesawat dari Bandara Juanda Sidoarjo ke rute tertentu seperti Jakarta dan Denpasar ternyata mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Jika pada hari biasa harga tiket paling mahal hanya Rp 600 ribuan, saat long weekend ini harga tiket pesawat sudah mencapai Rp 800 ribuan.

Menurut District Manager Sriwijaya Surabaya Hendrik Ardiansyah selama 3 hari, yakni menjelang Imlek, saat Imlek, dan pasca Imlek pihaknya menerapkan harga tiket batas atas. Bahkan ketika arus balik pada Minggu dan Senin pun sejumlah maskapai juga masih memakai tarif batas atas. “Tiga hari pada 15-17 Februari harga tiket tertinggi di kami Rp 821.000,” jelas Hendrik, seperti dilansir Tribunnews. Harga tersebut merupakan tiket untuk kelas ekonomi.

Sedangkan harga tiket pesawat kelas bisnis dan di atasnya tentu saja akan lebih mahal lagi. Kenaikan harga tiket pesawat ini lumrah terjadi ketika libur panjang seperti saat ini. “Harga tiket tersebut masih sangat wajar. Apalagi ketentuannya, kami masih diperkenankan menetapkan batas atas saat momen tertentu,” jelas Hendrik.

Lain lagi dengan maskapai Lion Air. Manajer Lion Air Surabaya, Kholid Widodo mengungkapkan jika pihaknya tak mematok tarif hingga Rp 800 ribu untuk rute perjalanan Jakarta dan Bali. “Harga tiket tertinggi kami di kisaran Rp 785 ribuan,” tuturnya.

Sementara itu, dari sejumlah rute penerbangan di terminal keberangkatan domestik Bandara Juanda, rute penerbangan ke Balikpapan, Pontianak, dan Denpasar terus mengalami peningkatan jumlah penumpang sejak kemarin. PT Angkasa Pura (AP) I selaku pengelola Bandara Juanda memperkirakan puncak lonjakan penumpang libur Imlek lewat Bandara Juanda berlangsung pada Kamis (15/2) malam.