Sabtu, 24 Februari 2018

Jadwal Penerbangan Wings Air Rute Sumenep-Surabaya Kini Ditambah Jadi 2 Kali Sehari

Sumenep – Sejak dibukanya rute penerbangan komersial Wings Air dari Sumenep ke Surabaya dan sebaliknya, peminat penerbangan tersebut rupanya cukup banyak. Alhasil pihak Wings Air menambah frekuensi penerbangan dari Bandara Internasional Juanda ke Bandara Trunojoyo pergi pulang (PP) dari 1 kali sehari menjadi 2 kali sehari.

Penambahan frekuensi penerbangan tersebut dilakukan usai 6 bulan Wings Air beroperasi di rute Sumenep-Surabaya. “Alhamdulillah, mulai besok Jumat, penerbangan komersial dari Sumenep-Surabaya dan sebaliknya ada penambahan trip menjadi dua kali,” kata Bupati Sumenep, A Busyro Karim, Kamis (22/2), seperti dilansir MediaMadura.

“Selama ini kan hanya satu kali yakni pukul 11.45 WIB dari Sumenep dan dari Sumenep Surabaya pukul 13.45 WIB, sekarang ditambah satu kali slot penerbangan pada pagi harinya,” imbuh Busyro. Lebih lanjut Busyro menjelaskan bahwa frekuensi penerbangan ditambah pada pagi hari dari Surabaya pukul 06.00 WIB dan dari Sumenep pukul 07.30 WIB.

Penambahan jadwal penerbangan tersebut dinilai perlu dilakukan karena hampir setiap hari penumpang di rute Sumenep-Surabaya hampir penuh. Penambahan slot juga kabarnya telah dianalisis dan melalui proses survei terlebih dahulu. “Ya, kalau dihitung secara rata-rata, penumpang setiap harinya diatas 80 persen. Disamping itu, kami pemerintah juga pernah meminta agar maskapai menjadwalkan dua kali penerbangan dalam sehari. Sebab, jika ada rapat di Surabaya pada siang hari kan bisa berangkat di pagi hari,” ungkap Busyro.

Dengan adanya penambahan jadwal penerbangan ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh warga Sumenep maupun Madura secara keseluruhan untuk bepergian. “Mudah-mudahan penambahan trip ini juga bisa dimanfaatkan warga luar yang mau berkunjung ke Sumenep, misalnya mau menikmati objek wisata di Sumenep ini,” katanya.

Beberapa waktu lalu Wahyu Siswoyo, Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Bandara Trunojoyo Sumenep mengungkapkan bahwa jalur penerbangan Surabaya-Sumenep cukup diminati. Tiap hari jumlah penumpang tak kurang dari 69 orang, demikian pula dari Sumenep-Surabaya hampir selalu full booking. Rute penerbangan Surabaya-Sumenep PP dilayani dengan pesawat komersil jenis ATR 72-600.