Sabtu, 17 Februari 2018

Bandara Juanda Meriahkan Imlek dengan Pertunjukan Barongsai & Leang-Leong

Surabaya – Perayaan Tahun Baru Imlek 2018 di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur rupanya berlangsung meriah. Calon penumpang di Bandara Juanda dihibur dengan atraksi barongsai dan leang leong tepat pada perayaan Imlek yang jatuh pada hari Jumat (16/2) kemarin.

Berbeda dari hari biasa, Bandara Juanda dimeriahkan dengan suara tabuhan tambur dan kentengan lengkap dengan atraksi menakjubkan 2 barongsai dan leang-leong di Terminal 2 (T2) Bandara Juanda. “Gemes lihat barongsai. Matanya itu bisa kedip-kedip,” ujar salah seorang penumpang bernama Sisa, seperti dilansir Tribunnews.

Sementara itu, PT Angkasa Pura (AP) I selaku pengelola Bandara Internasional Juanda mengaku sengaja menghadirkan pertunjukan seni barongsai dan leang-leong untuk menghibur para pengguna jasa Bandara Juanda. “Kami ingin menghibur dan mengenalkan kesenian khas Tiongkok itu,” beber Humas PT Angkasa Pura (AP) 1 Juanda, Febrian Prayogo.

Atraksi barongsai dan leang-leong tersebut pun disambut antusias oleh para penumpang yang kebetulan baru mendarat atau hendak terbang dari Bandara Juanda. “Senang dan seru lihat barongsai melompat-lompat lincah,” kata penumpang lainnya bernama Winda.

Suguhan barongsai di Bandara Juanda dari tim barongsai Suryanaga ternyata memang sudah piawai membawakan atraksi semacam itu hingga puluhan tahun lamanya. Selain di Bandara Juanda, tim Suryanaga juga menghadirkan atraksi barongsai di Royal Plaza Surabaya. Mereka berhasil membuat penonton terkesima lewat aksi lompatan di atas bangku kayu. “Itu atraksi yang paling susah, yang naik-naik bangku, main-main bola. Itu butuh latihan khusus,” kata Jimmy, manajer tim Suryanaga.

Tim barongsai Suryanaga sendiri memiliki anggota dari beragam usia, mulai dari umur belasan tahun hingga 40-an tahun. “Bulan ini ramai (permintaan tampil). Ini saja seharian banyak. Tadi dari Terminal 2 Bandara Juanda, nanti Surabaya Carnival Night Market, Pakuwon Trade Centre, dan terakhir Food Junction,” tutup Jimmy.