Selasa, 06 Februari 2018

Bakal Ada Terminal Khusus Pesawat Berbiaya Rendah di Bandara Juanda?

BANYUWANGI – Pemerintah Provinsi Jawa Timur menargetkan bisa mendatangkan satu juta wisatawan luar negeri pada tahun 2019 mendatang untuk semakin memberi dampak positif ke ekonomi rakyat. Nah, guna mewujudkan target tersebut, kabarnya akan dibangun terminal khusus pesawat berbiaya rendah di Bandara Internasional Juanda.

Bandara Juanda sendiri merupakan salah satu gerbang utama kedatangan wisatawan, baik dari luar daerah maupun luar negeri, ke Jawa Timur. Nah, salah satu pasangan calon gubernur Jawa Timur mendatang tertarik untuk meningkatkan layanan dan fasilitas di bandara yang berlokasi di Kabupaten Sidoarjo tersebut.

“Saya dan Gus Ipul sepakat untuk mempercepat dan memperluas infrastruktur, termasuk transportasi udara. Kami juga akan mempercepat pengembangan landasan pacu kedua di Bandara Juanda,” ujar Puti Guntur Soekarno, calon wakil gubernur Jatim yang berpasangan dengan Saifullah Yusuf (Gus Ipul). “Kami juga menyiapkan pembukaan terminal khusus pesawat berbiaya rendah di Bandara Juanda untuk menggerakkan pariwisata di Jawa Timur.”

Puti menambahkan, percepatan infrastruktur untuk transportasi udara akan melengkapi pembangunan infrastruktur darat dan laut. Hal ini sesuai dengan Nawacita Presiden Joko Widodo yang terus memperkuat daerah dan mewujudkan kemandirian ekonomi melalui sejumlah sektor strategis. “Selain Bandara Juanda, kami juga akan meningkatkan infrastruktur transportasi udara di Kediri, Malang, Sumenep, dan Banyuwangi,” sambung Puti.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), per Desember 2017 kemarin, kunjungan wisatawan luar negeri ke Indonesia melalui Bandara Juanda mengalami kenaikan sebesar 10,38 persen. Angka ini memang lebih sedikit dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang mencatatkan kenaikan sebesar 13,66 persen, namun lebih tinggi daripada Bandara Internasional Ngurah Rai di Bali, Bandara Internasional Hasanuddin, dan Bandara Internasional Kualanamu.

Selain itu, Bandara Juanda juga mencatatkan jumlah penumpang domestik yang cukup tinggi di bulan Desember 2017, yaitu sebesar 735.600 orang atau 8,83 persen dari total penumpang domestik. Jika diakumulasikan, jumlah penumpang selama bulan Januari hingga Desember 2017 di bandara tersebut mencapai 7,9 juta orang atau 8,87 persen dari keseluruhan penumpang domestik.