Rabu, 17 Januari 2018

Wings Air Ajukan Penambahan Jadwal Penerbangan Rute Sumenep-Surabaya

Sumenep – Sejak September 2017 lalu, penerbangan komersial rute Surabaya-Sumenep yang dilayani oleh maskapai Wings Air rupanya mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Bahkan jumlah penumpang rute tersebut kabarnya telah melebihi target. Oleh sebab itu PT Wings Abadi Airlines (Wings Air) berencana untuk menambah jadwal penerbangan rute Sumenep (Bandara Trunojoyo)-Surabaya (Bandara Internasional Juanda), Jawa Timur, dan sebaliknya.

“Kami sudah menerima permohonan tambahan jadwal penerbangan dari Wings Air sejak beberapa waktu lalu dan masih diproses,” ujar Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo di Sumenep, Selasa (16/1), seperti dilansir Republika.

Sebagai informasi, Wings Air mulai melayani penerbangan komersial rute Sumenep-Surabaya pergi pulang (PP) sejak 27 September 2017 lalu menggunakan pesawat tipe ATR-72. Penerbangan tersebut dilayani setiap hari mulai pukul 12.40 WIB dari Surabaya dan dari Sumenep jam 13.40 WIB.

Berdasarkan data di Bandara Trunojoyo, jumlah rata-rata penumpang sekitar 70% dari 72 kursi yang disediakan pada rute Surabaya-Sumenep, dan 80% untuk rute Sumenep-Surabaya. “Animo pengguna jasa untuk memanfaatkan penerbangan Sumenep-Surabaya dan sebaliknya sejak mulai beroperasi hingga sekarang sesuai harapan, yakni di atas 60 persen,” ungkap Wahyu.

Lebih lanjut Wahyu memaparkan jika hal ini pula yang menjadi alasan mengapa manajemen Wings Air mengajukan penambahan jadwal penerbangan untuk rute Sumenep-Surabaya dan sebaliknya. Menurut Wahyu, permohonan penambahan jadwal penerbangan pesawat Wings Air rute Sumenep-Surabaya dan sebaliknya tengah diproses oleh sejumlah pihak terkait di Kementerian Perhubungan.

Untuk diketahui, harga tiket penerbangan Wings Air dari Bandara Internasional Juanda Surabaya ke Bandara Trunojoyo Sumenep dipatok Rp 238.000 per orang, sedangkan dari Sumenep ke Surabaya harga tiketnya lebih murah, Rp 179.000 per orang. Tiket penerbangan Surabaya-Sumenep PP sudah tersedia di berbagai agen perjalanan.