Jumat, 19 Januari 2018

Sertijab KSAU, Penerbangan Batik Air dari & ke Surabaya Bakal Delay

Jakarta – Bandara Halim Perdanakusuma hari ini, Jumat (19/1) tak dapat beroperasi untuk melayani penerbangan komersial selama sementara waktu karena digunakan untuk pelantikan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) yang baru. Oleh sebab itu kemungkinan akan ada beberapa penerbangan yang tertunda.

“Sertijab dari 07.45 sampai 09.00, bisa dibilang bandara tidak bisa digunakan sementara untuk penerbangan komersil,” ungkap Corporate Communication Lion Air Group Ramaditya Handoko, Kamis (18/1), seperti dilansir Tempo.

Informasi mengenai tidak dapat digunakannya Bandara Halim Perdanakusuma untuk penerbangan komersial ini diperoleh dari Notice to Airmen (NOTAM) kemarin, Kamis (18/1) sore. “Batik air besok ada empat penerbangan yang ditunda dan tiga kedatangan,” ungkap Rama. Selain adanya agenda serah terima jabatan KSAU, pada pukul 06.45 sampai 07.30 digunakan untuk penerbangan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. “RI 2 mau ke Surabaya,” tutur Rama.

Setidaknya akan ada 4 penerbangan Batik Air keberangkatan dari Bandara Halim Perdanakusuma yang tertunda pada Jumat (19/1). “Ke Malang, Kualanamu, Yogyakarta, dan Surabaya,” jelas Rama. Selain keberangkatan, ada pula 3 jadwal kedatangan yang mengalami delay, misalnya penerbangan dari Yogyakarta dan penerbangan dari Bandara Internasional Juanda Surabaya. “Kalau yang arrival (ditunda), ada tiga flight,” ujarnya.

Pihak Lion Air Group yang mengelola maskapai Batik Air mengaku telah mengantisipasi ditutupnya Bandara Halim Perdanakusuma. Sebelumnya Batik Air telah menginformasikan para calon penumpang pesawat yang hendak menggunakan jasa penerbangannya.

Lebih lanjut Rama mengungkapkan jika ada beberapa maskapai penerbangan komersial yang keberangkatannya juga dari Bandara Halim Perdanakusuma. “Ada Citilink. Kalau dari Grup kami, ada Wings Air. Namun, untuk Wings tidak ada penundaan karena flight pertama pukul 10.00,” beber Ramaditya.

Beberapa waktu lalu Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara, Marsekal Pertama Jemi Trisonjaya membenarkan jika prosesi sertijab oleh Panglima ke KSAU yang baru dilaksanakan di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma. “Rencananya hari Jumat, semoga tidak ada perubahan,” katanya, Rabu (17/1) lalu.