Minggu, 21 Januari 2018

Penumpang di Bandara Juanda Ternyata Kerap Salah Masuk Toilet

Surabaya – Di tengah hiruk-pikuknya aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, rupanya ada hal menarik di salah satu sudut bandara megah yang berlokasi di Jawa Timur ini. Para pengunjung Bandara Juanda kabarnya banyak yang sering salah masuk toilet, baik pengunjung laki-laki maupun perempuan.



Berdasarkan pemantauan Jawa Pos di lapangan pada Minggu (14/1) lalu, setidaknya ada 20 orang yang salah masuk toilet. Beberapa pengunjung biasanya diingatkan oleh 2 petugas cleaning service yang berjaga di toilet supaya mereka tidak terlanjur salah masuk ke toilet yang bukan semestinya. Menurut petugas kebersihan bernama Lukis Jalasena dan Sulistyawati, kejadian tersebut kerap berlangsung di depan pintu keberangkatan umrah Terminal 1 Bandara Juanda.

“Harus sering stand by di luar agar tidak salah masuk,” ujar Lukis, seperti dilansir JPNN. Kedua petugas ini mengaku kurang tahu mengapa banyak pengunjung yang kerap salah masuk toilet. Sebagian besar penumpang menurut mereka kerap langsung nyelonong tanpa memperhatikan papan penanda di atas pintu toilet.

Beberapa waktu yang lalu Sulis juga mengungkapkan ada insiden kecil ketika seorang perempuan paruh baya tak sadar salah masuk ke toilet laki-laki dan lupa tak mengunci toilet yang dipakai. “Mungkin karena saking kebeletnya,” ujar Sulis.

Kemudian karena pintunya sedikit terbuka, ada pengunjung lain yang membuka pintu tersebut. Sang perempuan pun langsung berteriak karena kaget. “Dia benar-benar tidak sadar telah masuk ke toilet pria,” ungkapnya. Setelah kejadian tersebut, sang perempuan kemudian langsung keluar begitu saja dari toilet.

Dari segi fasilitas sebenarnya toilet di Bandara Juanda sudah cukup memadai. Terlebih karena toilet Bandara Juanda disebut-sebut selalu menjadi langganan meraih penghargaan toilet bersih. Bahkan Bandara Juanda juga kerap dijadikan contoh dan model toilet bersih bagi bandara-bandara lainnya. Toilet di Bandara Juanda sendiri meraih rating bintang 4 untuk kategori toilet bersih beberapa tahun lalu. Penilaian dilihat dari sarana, penyediaan tisu, tempat sampah, sabun, gantungan, kunci pintu, hingga siraman air (flush) yang selalu berfungsi.